• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribunnews.com

Malaysia Tetapkan Gaji Minimal Pekerja Sektor Privat

Selasa, 1 Mei 2012 12:26 WIB
Malaysia Tetapkan Gaji Minimal Pekerja Sektor Privat
IST
Ilustrasi: Bendera Malaysia

TRIBUNNEWS.COM - Untuk pertama kalinya, Malaysia menetapkan standar minimal gaji bagi para pekerja di sektor privat. Langkah itu diambil pemerintahan negeri jiran itu untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan pekerja berpenghasilan rendah di negara Jiran.

Nantinya, gaji minimum di wilayah Peninsula, Malaysia, adalah 900 ringgit perbulan, sementara di Kota Sabah, dan Sarawak, adalah 800 ringgit.

"Pengenalan upah minimum merupakan momen bersejarah untuk Malaysia," kata Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, seperti dikutip dari BBC, Selasa (1/5/2012).

"Mereka yang berpenghasilan rendah kini, akan terjamin kesejahteraanya dan telah terangkat dari jurang kemiskinan, dan membantu memastikan mereka dapat memenuhi meningkatnya biaya hidup," lanjutnya.

Walau demikian, beberapa pengamat memperkirakan kebijakan itu akan mengubur industri rumahan. "Gaji minimal 900 ringgit terlalu tinggi di kota-kota kecil dan desa-desa terpencil," kata Direktur Federasi Pengusaha Malaysia, Shamsuddin Bardan.

Ia mengatakan skema tersebut akan meningkatkan pengeluaran perusahaan untuk gaji karyawan yang mencapai 40% hingga 90%, di Kota Sabah dan Sarawak.

Menjawab itu, Perdana Menteri, Najib Razak mengatakan usaha kecil akan diberikan jangka waktu satu tahun untuk menyuaikan diri dengan sistem baru tersebut. (bbc)

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
489711 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas