• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribunnews.com

Keuskupan Agung Philadelphia Pecat Para Pastor Cabul

Sabtu, 5 Mei 2012 14:17 WIB

TRIBUNNEWS.COM  PHILADELPHIA,- Uskup Agung Philadelphia, Charles Chaput, melucuti lima pastor dari tugas-tugas mereka, sekaligus meminta maaf kepada para korban masing-masing, Jumat (4/5/2012) waktu setempat, menyusul penyelidikan atas tuduhan perilaku seksual menyimpang, pedofilia, kelima pastor itu.

Sanksi atas skandal memalukan itu  menurut  Reutersdikeluarkan menjelang tuntasnya proses investigasi, yang dilakukan terhadap 27 orang pastor terkait kemungkinan keterlibatan mereka terhadap sejumlah kasus dugaan pencabulan terhadap anak-anak.

Keduapuluh tujuh pastor itu sebelumnya dipaksa mengambil cuti untuk menjalani proses penyelidikan. Keputusan menyelidiki mereka semua dilakukan para juri dalam sidang pengadilan terkait.

Uskup Agung Caput menambahkan, kasus kelima pastor bejat itu telah memasuki proses pengadilan. Mereka juga akan kehilangan sejumlah tugas dan kewenangan seperti berkhotbah dan memimpin misa-misa. Mereka bisa mengajukan banding atau keberatan ke Roma, namun setelah itu mereka juga dapat langsung dipecat sebagai pastor.

Selain kelima pastor itu, juga masih ada tiga pastor lain yang juga sudah selesai menjalani proses penyelidikan. Dua di antara mereka dinyatakan tak terbukti, dan seorang lagi dilaporkan sudah meninggal.

"Saya menyampaikan penyesalan mendalam, dan sekaligus memohon pengampunan atas nama keuskupan agung, terutama terhadap seluruh korban pencabulan seksual," ujarnya dalam jumpa pers.

Selain para pelaku, pengadilan juga telah menjatuhi hukuman terhadap Monsinyur William Lynn, yang dituduh berkonspirasi dengan para pelaku dan membahayakan para anak korban. Lynn diketahui terlibat menutup-nutupi adanya tuduhan pencabulan oleh sejumlah pastor, yang kemudian dia transfer ke paroki lain.

Penulis: Budi Prasetyo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
503381 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • anang-Sabtu, 5 Mei 2012 Laporkan
    ISLAM ADALAH JALAN KEBENARAN YANG SESUNGGUHNYA
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas