BBC

Astronot perempuan AS pertama meninggal dunia

Astronot perempuan AS pertama, Sally Ride meninggal dunia dalam usia 61 tahun setelah 17 bulan berjuang melawan kanker pankreas.

Sally Ride, perempuan Amerika Serikat pertama yang pergi ke luar angkasa, meninggal dunia dalam usia 61 tahun di La Jolla, California setelah selama 17 bulan terakhir berjuang melawan kanker pankreas yang dideritanya.

Sally menjadi astronot perempuan pertama AS setelah dia mengikuti misi pesawat ulang alik Challenger pada Juni 1983.

Selain itu, Sally yang saat itu berusia 32 tahun menjadi astronot termuda Amerika Serikat yang mengorbit Bumi.

Sempat menjadi atlet tenis, Sally kemudian meraih sedikitnya empat gelar akademis termasuk gelar doktor fisika.

"Misi luar angkasa bersejarah Sally Ride menjadi perhatian luas negeri ini dan membuatnya dikenal semua keluarga," demikian pernyataan Yayasan Sally Ride Science.

Sejak misi pertama Sally ke luar angkasa, hingga saat ini tercatat 45 astronot perempuan dari AS maupun negara lain menjalankan misi angkasa luar.

Dan dua astronot perempuan di antaranya bahkan menjadi komandan misi.

Namun, Sally Ride bukanlah perempuan pertama dunia yang mengorbit Bumi. Perempuan pertama adalah kosmonot Uni Soviet Valentina Tereshkova pada Juni 1963.

Pahlawan nasional

Sementara itu ucapan duka cita juga datang dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Dalam pernyataannya, Obama menyampaikan rasa duka mendalam atas berpulangnya Sally Ride.

"Sebagai seorang astronot perempuan pertama, Sally adalah seorang pahlawan nasional dan contoh teladan terbaik," kata Obama.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help