• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribunnews.com

200 Ribu Mengungsi Akibat Perang Saudara di Suriah

Senin, 30 Juli 2012 13:59 WIB
200 Ribu Mengungsi Akibat Perang Saudara di Suriah
Bendera PBB

TRIBUNNWES.COM, JAKARTA - Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), menyebutkan 200 ribu orang melarikan diri dari rumah mereka akibat pertempuran diantara tentara Pemerintah Suriah, dan kelompok pemberontak, di Kota Aleppo, Senin (30/7/2012).

Mereka pergi membawa barang-barang seadanya, menggunakan, motor, mobil, menuju kota-kota tetangga. Adapula yang berhasil melarikan diri menuju wilayah Turki, melalui jalur lintas utara, Suriah, dengan jarak tempuh sekitar 55 kilometer.

Namun tidak semua berhasil keluar dari Aleppo. menurut Valerie Amos, Sekretaris Jendral PBB untuk Urusan Kemanusiaan, banyak dari mereka yang mencari perlindungan di bangunan sekolah dan bangunan umum lainnya.

Mereka, beber Valerie, sangat membutuhkan bantuan makanan, air minum, air bersih, dan peralatan sanitasi.

"Kita belum tahu jumlah pasti warga yang terjebak di dalam medan perang," ujarnya seperti dikutip dari CNN.

Dalam perkembangan terakhir pertempuran di Aleppo, pasukan pemerintah berusaha masuk ke wilayah yangdikuasai pemberontak sehingga terjadi kontak senjata sengit.

Hasilnya, pada Minggu malam, pasukan Suriah berhasil merebut kembali distrik barat daya Salah al-Din dari para pemberontak. Walau demikian menurut aktivis, pertempuran masih berlangsung di Salah al-Din.

Kendati kalah dari segi persenjataan para pemberontak mampu mengimbangi tentara Suriah, dengan menerapkan strategi perang gerilya. Mereka mengembangkan bahan peledak yang dibuat dari peralatan sederhana. (cnn/bbc)

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
776562 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas