Minggu, 21 Desember 2014
Tribunnews.com

Pengungsi Rohingya di Indonesia Bakal Terus Bertambah

Rabu, 1 Agustus 2012 05:20 WIB

Pengungsi Rohingya di Indonesia Bakal Terus Bertambah
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ratusan aktivis kemanusiaan berunjuk rasa di sekitar Bundaran HI, Jakarta Pusat, sebagai bentuk solidaritas untuk kekerasan yang menimpa suku Rohingya di Myanmar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jumlah pengungsi asal Rohingya, Myanmar yang mencari suaka ke Indonesia, diperkirakan bakal terus bertambah. Sebab, situasi keamanan di perkampungan Muslim di Myanmar belum kondusif.

"Kami perkirakan akan masih bertambah pengungsi yang mencari suaka ke Indonesia. Itu tergantung situasi di Rohingnya," ujar Kabag Humas Ditjen Imigrasi Maryoto, Selasa (31/7/2012).

Maryoto menjelaskan, saat ini para pengungsi Rohingya menyebar di sejumlah daerah di Tanah Air. Mereka terbagi menjadi dua bagian, yaitu pengungsi yang masih ditampung di Rudenim (Rumah Detensi Imigrasi) dan yang di luar Rudenim.

"Perbedaannya, yang di luar Rudenim sudah dinyatakan sebagai pengungsi oleh UNHCR (lembaga di bawah PBB yang menangani pengungsi) dan yang masih di Rudenim masih diurus statusnya oleh UNHCR," terangnya.

Biaya akomodasi pengungsi di Rudenim maupun di luar Rudenim, lanjutnya, bakal ditanggung Ireguler Organization Migran (IOM), atau lembaga swadaya yang diberikan masing-masing negara donor yang membiayai para pencari suaka.

"Imigrasi hanya menampung mereka. Tapi, kami terus melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga tersebut," cetus Maryoto.

Maryoto menjelaskan, para pengungsi masuk ke Indonesia melalui beberapa jalur. Namun, kebanyakan masuk dari jalur laut. Berikut jumlah pengungsi asal Rohingya berdasarkan data Ditjen Imigrasi.

Pengungsi yang masih di Rudenim

Belawan: 22
Pekanbaru: 10
Tanjungpinang: 107
Pontianak: 1
Balikpapan: 1  
Kupang: 5  
Manado: 35  
Makassar: 7
DKI Jakarta: 10
Pusat (Ditjen Imigrasi) Jakarta: 3

Pengungsi di luar Rudenim

Medan                      : 130
Lampung                  : 19
Kalianda (Lampung) : 4
Bogor                       : 12
Yogyakarta               : 1
Makassar                  : 48 (*)

BACA JUGA

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Yaspen Martinus
BBC

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas