Kamis, 27 November 2014
Tribunnews.com

Sengketa dengan Jepang, Cina Kirim Kapal Perang

Jumat, 14 September 2012 13:33 WIB

Sengketa dengan Jepang, Cina Kirim Kapal Perang
SERAMBI Indonesia/GUNAWAN
ilustrasi kapal perang

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Cina dilaporkan mengirimkan enam kapal perangnya ke perairan sekitar pulau yang disengketakan dengan Jepang, Jumat (14/9/2012), pagi.

Kehadiran mereka, segera mendapat sambutan dari kapal penjaga pantai Jepang, yang memperingatkan kapal-kapal perang Cina itu untuk segera meninggalkan perairan pulau Senkaku, atau pulau Diaoyu dalam versi Pemerintah Cina.

"Kapal patroli kami tengah memberitahu mereka untuk meninggalkan wilayah perairan negara kita," ujar penjaga pantai Jepang dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir oleh Channelnewsasia.

Menurut hukum internasional, perairan teritorial adalah sepanjang 12 mil lepas laut dari pantai daratan terdekat.

Perdana Menteri Yoshihiko Noda, sebelumnya bersumpah untuk mempertahankan kewaspadaan, setelah penjaga pantai mengatakan bahwa dua kapal survei maritim Cina memasuki perairan Jepang sekitar 6:18 (2118 GMT Kamis).

Beijing, menyatakan langkah itu diambil sebagai bentuk patroli dan penegakan hukum di sana. Kebijakan Pemerintah Cina itu diambil, setelah Pemerintah Jepang membeli pulau yang disengkatakan tersebut, dari pemilik sebelumnya.(channelnewsasia)

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Willy Widianto
BBC

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas