Kamis, 29 Januari 2015
Tribunnews.com
BBC

Majalah Prancis terbitkan karikatur nabi

Rabu, 19 September 2012 16:58 WIB

Prancis meningkatkan keamanan di sejumlah kedutaan negara itu menyusul penerbitan karikatur Nabi Muhammad oleh majalah mingguan, kata Menteri Luar Negeri Laurent Fabius.

Majalah satir Charlie Hebdo menerbitkan karikatur yang menunjukkan seorang Yahudi Ortodoks tengah mendorong tokoh yang menggunakan surban dan kursi roda.

Karikatur tokoh di kursi roda ini dihiasi dengan tulisan, "Anda tidak boleh mengejek" dengan judul "Tidak Tersentuh 2", untuk mengacu pada film Prancis tentang orang kaya kulit putih dan asistennya yang berkulit hitam.

"Saya telah mengeluarkan perintah agar penjagaan keamanan khusus dilakukan di semua negara yang diperkirakan akan menimbulkan masalah," kata Fabius.

Penerbitan karikatur ini terjadi di tengah merebaknnya unjuk rasa menentang film yang dianggap menghina Nabi Muhamad di Afrika utara, Asia, Timur Tengah dan Australia.

Pemuka Muslim serukan tenang

"Apakah relevan dan tepat dilakukan dalam suasana seperti ini untuk menyiram bensin ke api? Jawabannya tidak," kata Fabius kepada radio France Info.

"Saya sangat khawatir... dan saat saya lihat (karikatur) itu saya langsung mengeluarkan perintah agar penjagaan keamanan khusus dilakukan."

Halaman12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas