• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 30 Agustus 2014
Tribunnews.com

Pembunuh dan Perampok di Jepang Dihukum Gantung

Kamis, 27 September 2012 13:07 WIB
Pembunuh dan Perampok di Jepang Dihukum Gantung
NET

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kendati mendapat kecaman dari dunia internasional, otoritas Jepang, kembali melaksanakan eksekusi mati terhadap dua terpidana mati. Sedikitnya dua orang terpidana mati, digantung oleh otoritas Jepang, pada hari ini, Kamis (27/9/2012).

Kedua terpidana mati itu, menurut Menteri Kehakiman Jepang, Makoto Tai, bernama Sachiko Eto (65) dan Yukinori Matsuda (39).

Sachiko divonis mati, lantaran terbukti membunuh enam orang, antara tahun 1994 hingga 1995, sementara Yukinori dinyatakan bersalah melakukan perampokan dan pembunuhan dua orang pada tahun 2003.

Kematian mereka, menambah daftar terpidana mati yang sudah dieksekusi di era Perdana Menteri Yoshihiko Noda, menjadi tujuh orang.

Eksekusi terakhir dilakukan pada bulan lalu, dimana disambut kecaman oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Amnesty International.

"Setelah absen melakukan eksekusi mati di tahun 2011, Jepang kembali mengeksekusi mati 5 orang pada tahun ini, dan Jepang adalah bagian dari minoritas negara yang masih mempraktikan hukuman mati," ujar Roseanne Rife, perwakilan Amnesty International.

Jepang merupakan salah satu dari 58 negara termasuk Amerika Serikat, China dan Iran, yang masih mempraktikan hukuman mati, sementara lebih dari 140 negara, termasuk semua anggota Uni Eropa, telah menghapus hukuman mati dari produk hukum mereka.

BACA JUGA:

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Anwar Sadat Guna
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
973571 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas