• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Pesawat Tanpa Awak Amerika Tertangkap di Wilayah Iran

Selasa, 4 Desember 2012 16:03 WIB
Pesawat Tanpa Awak Amerika Tertangkap di Wilayah Iran
Pesawat Tanpa Awak milik Amerika Serikat

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Sebuah pesawat tanpa awak milik angkatan bersenjata Amerika Serikat (AS), dilaporkan berhasil diamankan angkatan bersenjata Iran, ketika memasuki wilayah udara negara tersebut.

Menurut laporan sejumlah media lokal di Iran, pesawat tanpa awak, berjenis ScanEagle itu, tengah dalam misi mengumpulkan informasi di atas perairan Teluk, ketika ditangkap oleh Pengawal Revolusi Islam (IRGC), setelah memasuki wilayah udara Iran, seperti diberitakan oleh kantor berita, Fars, Selasa (4/12/2012), namun tanpa memberikan rincian.

"Pesawat jenis ini biasanya diluncurkan dari kapal-kapal besar," kata Ali Fadavi, komandan Angkatan Laut IRGC.

Seorang juru bicara Angkatan Laut AS, mengatakan, mereka telah mendengar laporan tersebut, dan tengah menyelidiki kebenaran informasi itu.

ScanEagle diproduksi oleh Boeing Co, dan memiliki panjang empat kaki dan memiliki lebar sayap sepanjang 10 kaki.

Pada bulan November, sebuah pesawat tanpa awak milik Amerika, ditembak jatuh oleh angkatan bersenjata Iran, setelah dilaporkan memasuki wilayah negara Iran.

Duta Besar Iran untuk PBB, Mohammad Khazaee, telah bersurat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon, yang isinya mengeluhkan Amerika yang kerap kali melanggar wilayah udara negaranya, dan menggambarkannya sebagai tindakan ilegal dan provokatif.

Khazaee mengatakan bahwa Amerika telah tujuh kali melanggar batas wilayah udara mereka di bulan Oktober sekitar wilayah Bushehr di mana pembangkit listrik nuklir Iran berada.

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Anwar Sadat Guna
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas