Selasa, 26 Mei 2015
Tribunnews.com

Wanita Ini Melahirkan Secara Alami di Usia 50 Tahun

Sabtu, 22 Desember 2012 22:51 WIB

Wanita Ini Melahirkan Secara Alami di Usia 50 Tahun
Kompas.com/The Daily Telegraph
Wanita tertua di Australia, Anthea Nicholas, yang melahirkan secara alami bersama anaknya Nicky, dan suaminya Peter.

TRIBUNNEWS.COM,BRISBANE--Anthea Nicholas menjadi ibu tertua di Australia yang melahirkan alami di usia 50 tahun. Sekarang, putranya, Nicholas "Nicky" Byrnes, sudah berusia 18 bulan, dan sehat.

Awalnya Anthea tidak menduga bisa hamil alami. Dengan hitungan sperma suaminya yang rendah, dan kemungkinan keguguran mencapai 85 persen, serta berbagai komplikasi lain yang mungkin terjadi, kelahiran putranya tersebut terasa seperti mukjizat bagi Anthea. Demikian laporan Adelaide Advertiser, Sabtu (22/12/2012) seperti dikutip Tribun dari Kompas.com

Anthea kini berusia 51 tahun sementara suaminya, Peter Byrnes (55). Keduanya sama-sama menikh untuk kedua kalinya. Keadaan mulai berubah ketika Peter harus mengubah diet dan gaya hidupnya setelah menderita gangguan kesehatan. Tampaknya perubahan diet itu yang membuat sperma Peter menjadi aktif lagi.

Ketika kemudian Anthea pergi ke dokter dengan keluhan keletihan dan perubahan hormonal lain, dokter mengatakan ini adalah pertanda menopause. Namun, suaminya menduga adanya kemungkinan lain ketika Anthea terus muntah-muntah.

Peter kemudian membeli alat tes kehamilan, tetapi Anthea menolak menggunakannya. Baru setelah beberapa minggu kemudian mereka mendapat kepastian bahwa Anthea hamil, dan Nicholas lahir lewat bedah caesar enam minggu lebih cepat pada 15 Juni tahun lalu.

"Kekhawatiran utama saya ketika sedang hamil adalah apakah dia akan sehat dan tidak akan mengalami hal-hal yang abnormal," kata Anthea.

Memiliki anak yang lahir lewat kehamilan normal di atas usia 50 tahun memang langka. Sebelumnya, pada tahun 1997 seorang wanita asal Inggris, Dawn Brooke, menjadi wanita tertua yang mengandung secara alami di usia 59 tahun.

Halaman12
Editor: Rachmat Hidayat
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas