• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Tribunnews.com

Ini Gambar Meteor Jatuh di Rusia Dibidik dari Kamera Satelit Meteosat

Senin, 18 Februari 2013 16:03 WIB
Ini Gambar Meteor Jatuh di Rusia Dibidik dari Kamera Satelit Meteosat
Eumetsat
Rekaman gambar meteor Rusia hasil bidikan satelit Meteosat 9.

TRIBUNNEWS.COM, RUSIA
Beberapa foto telah menggambarkan ledakan meteor Rusia pada Jumat (15/2/2012) lalu dari Bumi.

Satelit Meteosat 9 dan Meteosat 10 milik European Organisation for the Exploitation of Meteorological Satellite (Eumetsat) menyuguhkan potret meteor tersebut dari antariksa.

Meteor yang meledak di Rusia sejatinya merupakan asteroid. Terkonfirmasi, asteroid ini berbeda dengan asteroid 2012 DA14 yang lewat di atas wilayah Indonesia pada Sabtu (16/2/2013) dini hari. Saat memasuki atmosfer Bumi, asteroid pecah, membentuk bola terang disebut bollide.

Meteosat mengambil gambar meteor yang meledak di Rusia berbasis inframerah. Citra diambil pada Jumat lalu pukul 03.15 UTC atau sekitar pukul 10.15 WIB. Foto menggambarkan meteor saat memasuki atmosfer Bumi.

Sementara satelit geostasioner Meteosat 10 menunjukkan meteor sedang bergerak di angkasa. Tampak jelas ekor meteor tersebut. Dibandingkan citra Meteosat 9, citra Meteosat 10 kurang jelas. Sebab, Meteosat 9 mengambil persis di atas meteor tersebut.

Sangat Langka

Meteosat sejatinya bukan satelit untuk mengamati meteor. Jadi, sangat langka satelit tersebut bisa menangkap citra meteor. Selain membantu mencitrakan, Meteosat juga membantu menentukan massa dan ukuran asteroid penyebab ledakan meteor itu.

Informasi terbaru menunjukkan, meteor yang meledak di Rusia lebih besar dari perkiraan. Massa asteroid sekitar 10.000 ton dengan diameter sekitar 17 meter. Energi ledakan meteor sebesar 500 kiloton TNT atau 25 kali bom nuklir Hiroshima. (Yunanto Wiji Utomo/Sumber :Discovery,Gizmodo)

Baca Artikel Menarik Sebelumnya

Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
1455172 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • jack-Rabu, 20 Februari 2013 Laporkan
    Sungguh dahsyat ,itu peringatan buat semua manusia di dunia agar selalu waspada..
  • webunic andrie-Senin, 18 Februari 2013 Laporkan
    Oh iya sekarang semua hal hal unik dan berita unik ddan aneh teruodate berada di webunic lhoo,, coba check sendiri aja kawan,, 1000% ORIGINAL beda sama yang lain,,!

    http://webunic.blogspot.com/
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas