• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 17 September 2014
Tribunnews.com

Paus Benediktus XVI Disebut-sebut Berupaya Menghindari Tuntutan Pidana

Senin, 18 Februari 2013 16:08 WIB
Paus Benediktus XVI Disebut-sebut Berupaya Menghindari Tuntutan Pidana
AFP/VINCENZO PINTO
Pope Benedict XVI delivers his traditional Christmas Urbi et Orbi blessing from the balcony of St. Peter s Basilica at the Vatican on December 25, 2012. AFP PHOTO / VINCENZO PINTO

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, VATIKAN - Beredar kabar tidak sedap dibalik rencana pengunduran diri Paus Benediktus XVI yang direncanakan pada tanggal 28 Februari 2013.

Menurut seorang sumber dalam di Vatikan, seperti dikutip dari Examiner.com, Senin (18/2/2013), rencana Paus Benediktus untuk bermukim di Vatikan setelah pengunduran dirinya adalah untuk menghindari tuntutan pidana atas dugaan perannya dalam pelecehan seksual terhadap sejumlah anak oleh oknum pastor di seluruh dunia.

Dengan tinggal di Vatikan, maka Paus Benediktus akan mendapatkan perlindungan hukum dari segala upaya untuk menyeretnya ke pengadilan sehubungan dengan kasus-kasus pelecehan seksual di seluruh dunia.

"Keberadaan-Nya di Vatikan adalah keharusan, kalau tidak, ia mungkin tidak terlindungi. Dia tidak akan memiliki kekebalan jika berada di tempat lain," ujar sumber tersebut.

Sebuah gugatan terhadap Paus Benediktus ke 16 disebut-sebut telah diterima oleh Pengadilan Pidana Internasional. Adapun yang menggugatnya adalah dua pengacara asal Jerman, Christian Sailer dan Gert-Joachim Hetzel yang menilai Paus telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Gugatan mereka menyebutkan bahwa Paus Benediktus bertanggungjawab atas lembaga yang memayungi beberapa oknumnya yang melakukan pemerasan, dan pemaksaan.

Tuduhan lainnya adalah membahayakan kesehatan anggotanya dengan melarang penggunaan kondom, serta memungkinkan dan mempromosikan kekerasan seksual terhadap anak oleh pendeta. (examiner.com)

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1455171 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas