• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Paus Baru Bakal Terpilih dengan Mayoritas 77 Suara

Selasa, 12 Maret 2013 03:57 WIB
Paus Baru Bakal Terpilih dengan Mayoritas 77 Suara
Lapangan Basilika St Petrus di Vatikan

TRIBUNNEWS.COM, VATIKAN -- Pemilihan Paus baru, atau disebut Konklaf akan dimulai Selasa (12/3/2013) waktu Roma. Konklaf dibuka dengan peryaan Misa Mulia di Basilika Santo Petrus, Vatikan pukul 10.00 Waktu Roma.

Perayaan Misa ini sendiri akan dihadiri seluruh Kardinal Pemilih dan bukan pemilih. Artinya yang sudah berumur di bawah dan di atas 80 tahun sejak sede vacante, dan terbuka untuk seluruh umat Katolik.

Misa ini sendiri sebagai pertanda ke-115 Kardinal pemilih akan memulai konklaf untuk memilih penerus Tahta Santo Petrus ke-265.

Sore harinya, tepat pukul 16.30 waktu Roma, para Kardinal pemilih akan berkumpul di Kapel Paulina di dalam Vatikan. Lalu setelah itu akan berarak dalam prosesi dan suasana doa menuju Kapela Sixtina, di tengah-tengah bangunan Vatikan, tempat konklaf akan berlangsung.

Pada hari pertama, Selasa malam, pemilihan hanya terjadi satu putaran saja. Sedangkan pada hari-hari selanjutnya sebanyak empat kali, yakni dua putaran di pagi hari, dan dua putaran di sore hari.

Menurut informasi dari Pastor Markus Solo SVD langsung dari Roma, Konklaf kali ini, akan dilangsungkan berdasarkan pada motu proprio Paus Benediktus yang melengkapi peraturan konklav dari pendahulunya, Paus Yohanes Paulus II. Yakni seandainya seorang calon terpilih dengan mayoritas 77 suara, artinya dua per tiga dari jumlah seluruh pemilih, maka dengan itu seorang Paus sudah terpilih.

Namun, jika belum ada minimal mayoritas dua per tiga suara (77), maka pemilihan akan dilanjutkan ke putaran berikutnya.

Akan tetapi jika lebih dari putaran ke-30 dan belum juga terpilih seorang Paus, maka, sesuai motu proprio Paus Benediktus XVI, dua kandidat dengan perolehan suara terbanyak, akan dipilih para Kardinal--kedua yang terpilih ini otomatis kehilangan hak memilih.

Baca juga:

Pemilihan Paus Baru

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas