• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribunnews.com

Harapan Umat Muslim Dunia kepada Paus Fransiskus

Kamis, 14 Maret 2013 15:38 WIB
Harapan Umat Muslim Dunia kepada Paus Fransiskus
www.couriermail.com.au
Paus Fransiskus (jubah putih)

TRIBUNNEWS.COM, KOTAVATIKAN - Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio, baru saja terpilih menjadi Paus Gereja Katolik, dan memilih nama sebagai Paus Fransiskus, Rabu (13/3/2013).

Tak hanya dinanti-nantikan oleh dunia, pemilihan Paus baru ini juga dinanti-nantikan oleh umat Muslim dunia, yang sama-sama mewakili sekitar 40 persen dari populasi dunia, atau sekitar 1,6 miliar orang.

Seperti diketahui berdasarkan sejarah, hubungan antara umat Muslim dan umat Nasrani terbentuk oleh konflik. Sejak periode Perang Salib yang meninggalkan luka batin bagi banyak umat Muslim, hingga serangan ekstrimis muslim terhadap komunitas Nasrani di wilayah Afrika, Timur Tengah, hingga Asia yang menimbulkan keprihatinan Vatikan.

"Apa atau yang tidak dikatakan oleh Paus akan memiliki konsekuensi yang sangat besar terhadap hubungan tersebut," kata Imam Feisal Abdul Rauf, pendiri Inisiatif Cordoba, sebuah organisasi yang dibentuk untuk memperbaiki hubungan antara Muslim-Barat, seperti dikutip dari Muslimvillage.com, Kamis.

Terpilihnya Kardinal Jorge, menjadi Paus ke 266 dinilainya berada di masa yang kritis dalam hubungan antar umat Muslim-Nasrani, yang telah dirusak oleh insiden penganiayaan terhadap komunitas Nasrani di dunia Muslim, dan Islamophobia di negara-negara Barat.

Hal itu belum termasuk aksi militer Barat di Afghanistan, Pakistan, dan Irak, serta konflik terbuka antar kelompok Muslim dan Nasrani di Afrika.

Sebelumnya di era Pemerintahan Paus Paulus Yohanes ke II, umat Muslim sempat merasakan adanya hubungan yang baik dengan umat Katolik. Namun hubungan itu dirasa menjadi kurang mesra di era kepausan Paus Benediktus XVI.

Ebrahim Moosa, seorang profesor studi Islam di Universitas Duke, Durham, AS mengatakan Paus Fransiskus harus bisa mengembalikan hubungan baik dengan umat Muslim di dunia.

"Vatikan telah berinvestasi dengan baik dalam hubungannya dengan dunia Muslim, dan di bawah seorang Paus baru tidak ada alasan untuk menyatakan hal itu akan berbeda," katanya.

Banyak umat Muslim berharap pengganti Paus Benediktus ke XVI, memiliki upaya yang sama dengan yang dilakukan oleh Yohanes Paulus II untuk membina hubungan baik dengan Muslim dunia.

"Ada harapan bahwa yang berikutnya akan menjadi seseorang yang mencoba untuk menyembuhkan luka di masa lalu dan dapat membangun jembatan antar kedua agama," kata Adil Najam, Wakil Rektor di Universitas Lahore
Pakistan. (Muslimvillage)

Klik:


Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1552252 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas