• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

Siapakah Paus Fransiskus I?

Kamis, 14 Maret 2013 04:57 WIB
Siapakah Paus Fransiskus I?
Radio Vatikan
Kardinal Jorge Mario Bergoglio Gunakan Nama Paus Fransiskus I

TRIBUNNEWS.COM, VATIKAN -- Adalah Kardinal Jorge Mario Bergoglio, SJ, Uskup Agung Buenos Aires, Argentina, terpilih menjadi Penerus ke-265 dari Tahta Santo Petrus dalam konklaf, hari kedua, Rabu (13/3/2013).

Sebagaimana disiarkan Radio Vatican, Jorge Mario Bergoglio, lahir pada tanggal 17 Desember 1936 di Buenos Aires. Dia ditahbiskan menjadi seorang Imam Serikat Jesuit (SJ) pada 13 Desember 1969. Selama studi teologi, ia belajar di Fakultas Teologi San Miguel.

Fransiskus I tercatat pernah menjadi rektor Fakultas Filsafat dan Teologi San Miguel (1980-1986). Setelah menyelesaikan disertasi doktoralnya di Jerman, ia menjabat sebagai direktur spiritualitas di Córdoba.

Pada 20 Mei 1992 ia diangkat sebagai Uskup tituler Auca dan Auxiliary di Buenos Aires, dan menerima pentahbisan uskup pada tanggal 27 Juni.

Pada tanggal 3 Juni 1997, Paus baru ini diangkat menjadi Uskup Agung Buenos Aires. Kemudian diangkat sebagai Kardinal oleh Paus Yohanes Paulus II pada 21 Februari 2001,

Paus pengganti Benediktus XVI juga tercatat sebagai Presiden Konferensi Waligereja Argentina pada 8 November 2005 sampai dengan 8 November Kardinal 2011.

Lebih lanjut, saat pengenalan dirinya untuk pertama kalinya dari Balkon Santo Petrus, Paus Fransiskus I yang baru saja terpilih sebagai Paus ke-266 mengajak semua umat yang memadati Lapangan Santo Petrus mendoakan Paus Benediktus XVI yang Beliau gantikan, Kamis (14/3/2013).

Ajakan tersebut disampaikan oleh Paus Fransiskus I ketika memberikan kata sambutan usai diumumkan sebagai Paus.

Pada sambutan pertamanya sebagai Paus tersebut, Paus Fransiskus I mengucapkan rasa terima kasih kepada para Kardinal yang telah memilihnya sebagai Paus.

“Pertama-tama, saya ingin berdoa untuk Paus Emeritus kita, Benediktus XVI. Mari kita semua berdoa, semoa Beliau diberkati oleh Tuhan,” tutur Paus non-Eropa pertama pada era modern tersebut.

Paus Fransiskus I kemudian menutup sambutannya dengan memberi berkat kepada ribuan umat yang berjejalan di Lapangan Santo Petrus. Namun, sebelum memberi berkat, Paus Fransiskus I meminta umat untuk tenang terlebih dulu.

“Untuk kamu dan seluruh dunia,” kata Paus asal Argentina itu.

Baca juga:

Pemilihan Paus Baru

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
2 KOMENTAR
1550252 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Eddy wanda-Kamis, 14 Maret 2013 Laporkan
    Harapan umat manusia Sri Paus yg baru terpilih dapat memainkan peranan yg lebih besar dlam meredakan perlombaan senjata nuklir mencegah terjadinya perang nuklir yg akan menghapus kehidupan dan peradaban manusia dari bumi yang indah ini.
  • Frans-Kamis, 14 Maret 2013 Laporkan
    Syukurlah, skr para kambiink punya juragan baru
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas