Rabu, 5 Agustus 2015
Tribunnews.com

Keberadaan Polisi di Jepang Tergantung Kelompok Yakuza?

Senin, 22 April 2013 23:08 WIB

Keberadaan Polisi di Jepang Tergantung Kelompok Yakuza?
IST
ILUSTRASI

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo, Jepang

TRIBUNNEWS.COM - Penelusuran lebih lanjut mengenai kekuasaan Yakuza di Jepang ternyata banyak menghasilkan hal-hal menarik di dunia organisasi kejahatan terorganisir tersebut. Satu di antaranya ternyata polisi Jepang malahan tergantung kepada Yakuza, walaupun secara resmi pihak kepolisian tidak pernah mengakui demikian.

Hal ini terungkap dari hasil pertemuan antara David Kaplan dengan Kakuji Inagawa, Pendiri dan big boss kelompok Kakusei-kai yang berubah nama menjadi Inagawa-kai. Hasil pertemuan tahun itu dikutip Tribunnews.com, Senin (22/4/2013).

"Setiap akhir tahun secara pribadi saya mengunjungi kantor polisi untuk mengucapkan selamat tahun baru. saat ini setiap kali pula polisi menanyakan kepada saya, kapan akan membubarkan kelompok saya. Lalu tahun 1983 saya menekuni golf dan menarik sekali ada polisi yang mendoakan saya agar panjang umur. Polisi itu mengatakan bahwa saya adalah pemimpin Yakuza satu-satunya yang memimpin sistem Yakuza dengan baik dan menjaga perdamaian. Mereka ingin saya panjang umur, karena mereka tergantung kepada saya, papar polisi itu," demikian ungkap Inagawa tahun 1984.

Bisa dimaklumi apabila polisi Jepang demikian. Jumlah polisi Jepang saat ini sekitar 300.000 personil dengan jumlah penduduk sekitar 120 juta jiwa. Bisa dihitung satu polisi harus bertanggungjawab terhadap sekitar 400 orang Jepang, termasuk di dalamnya Yakuza.

Apabila para anggota Yakuza perang antar geng, atau menyusahkan dan membuat keributan di masyarakat, tugas polisi akan berat sekali. Jadi dengan perdamaian yang diciptakan Inagawa, polisi ikut terbantu.

Sekitar tahun 1985 selama kira-kira satu tahun lebih terjadi perang antar-geng sangat berdarah, antara Yamaguchi-gumi dengan Ichiwa-kai, yang berakhir dengan perdamaian. Inagawa lah yang menjadi penengah perdamaian tersebut. Inagawa saat itu mengendalikan 119 geng (kelompok) dan 12 bos Yakuza yang semua di dalam payung kelompok Inagawa-kai.

Halaman123
Editor: Widiyabuana Slay
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas