Kamis, 30 Juli 2015
Tribunnews.com
BBC

Taiwan memprotes Filipina atas penembakan nelayan

Jumat, 10 Mei 2013 14:14 WIB

Taiwan menuntut penjelasan dan permintaan maaf dari Filipina setelah seorang nelayan Taiwan tewas ditembak di kawasan perairan yang dipersengketakan.

Kementrian Luar Negeri Taiwan mengatakan insiden terjadi Kamis 9 Mei di perairan sekitar 315 km dari lepas pantai Taiwan Selatan.

Sebuah perahu nelayan ditembak oleh kapal yang menurut pihak Taiwan dimiliki oleh pemerintah Filipina dan menewaskan Hung Shih-cheng, yang berusia 65 tahun. Perahu itu dilaporkan membawa empat awak saat ditembak.

Menteri Luar Negeri Taiwan, David Lin, mendesak pemerintah Filipina untuk melaksanakan penyelidikan yang menyeluruh atas insiden, yang dikecamnya dengan keras.

Sementara Menlu Filipina, Albert del Rosario, mengatkan kepada kantor berita AFP bahwa dia belum bisa mengukuhkan laporan dari pihak Taiwan dan akan memeriksanya.

Angkatan Laut Filipina sudah membantah keterlibatan dalam insiden dengan menegaskan tidak ada kapal mereka yang berada di wilayah tersebut.

"Angkatan Laut Filipina membantah keterlibatan di dalam insiden ketika seorang nelayan Taiwan dilaporkan ditembak serta terluka dan menyebabkan kematian," seperti tertulis dalam peryataannya.

Sengketa sejumlah negara

Pulau Senkaku

Ketegangan Jepang dan Cina meningkat terkait kepemilikan Pulau Senkaku atau Diayou.

Halaman123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas