Rabu, 29 Juli 2015
Tribunnews.com

Calon Raja Inggris Sedikit Berdarah India

Sabtu, 15 Juni 2013 06:50 WIB

Calon Raja Inggris Sedikit Berdarah India
AFP
Kate Middleton didampingi Pangeran William sesaat setelah keluar dari rumahsakit.

ONDON, KOMPAS.com — Sebuah tes DNA mengungkap bahwa Pangeran William akan menjadi raja Inggris pertama yang di dalam tubuhnya mengalir darah keturunan India.

Para ahli genetika menemukan hubungan langsung antara Duke of Cambridge—gelar Pangeran William—dengan seorang perempuan keturunan India, Eliza Newark.

Eliza adalah seorang pembantu rumah tangga di kediaman kakek buyut William, Theodore Forbes, seorang pedagang asal Skotlandia yang bekerja di East India Company di Surat, sebuah pelabuhan di sebelah utara Bombay atau Mumbai.

Theodore Forbes dan Eliza kemudian menikah dan memiliki seorang putri bernama Katherine, yang memiliki garis keturunan langsung ke almarhumah Putri Diana, ibu Pangeran William.

Riset mengejutkan ini dilakukan oleh BritainsDNA, sebuah perusahaan yang kerap melacak asal-usul seseorang.

Hasil penelitian ini menunjukkan pewaris takhta Inggris ini membawa mitokondrial DNA (mtDNA) milik Eliza. MtDNA adalah bagian kecil DNA yang diwariskan dari ibu ke anak-anaknya dan biasanya tidak berubah.

Para ilmuwan mengatakan, sangat mungkin keturunan Pangeran William nanti akan mewarisi sedikit DNA Eliza, yang ayahnya berasal dari Armenia.

Halaman123
Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas