Minggu, 21 Desember 2014
Tribunnews.com

Politisi Hanura Soal Kabut Asap: Singapura Mau Enaknya Saja

Jumat, 21 Juni 2013 19:07 WIB

Politisi Hanura Soal Kabut Asap: Singapura Mau Enaknya Saja
Kompas.com
Kabut asap di Singapura

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran hutan Riau menyebabkan asap pekat menyebar ke Singapura. Negara tersebut melayangkan protes kepada Indonesia.

Protes tersebut ditanggapi oleh Anggota Fraksi Hanura Susaningtyas Nefo Kertopati. Ia memprotes pernyataan itu.

"Negara tetangga kadang mau enaknya sendiri . Environment value dari hutan kita tidak dihargai tetapi bila terjadi kepungan asap baru mereka teriak-teriak," kata Anggota Komisi I DPR itu ketika dikonfirmasi, Jumat (21/6/2013).

Menurut perempuan yang akrab dipanggil Nuning  seharusnya mereka jaga hubungan diplomatis dengan bijak dan netral

"Ya kalau merasa kita satu keluarga besar Asean selayaknya bahu membahu. Tapi sebaiknya tindak tegas pengusaha yang lalai jaga lingkungan hidup," katanya.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron menyarankan adanya kerjasama pencegahan kebakaran dengan Singapura.

"Semisal dengan program sosialisasi dan penyadaran terhadap dampak-dampak bila terjadi kebakaran. Kalau sudah terjadi kebakaran tentunya juga ada upaya bersama-sama untuk memadamkanya," kata Politisi Demokrat itu.

Sebagai negara tetangga, Herman mengatakan sebaiknya bekerjasama dengan baik. Ia mencontohkan upaya kerjasama itu ketika Singapura bisa membantu melalui pemadaman lewat pesawat udara dan Indonesia melalui pemadaman di darat.

"Banyak cara kerjasama bisa dilakukan. Namun cara terbaik agar kedepan tidak terjadi lagi adalah dengan sosialisasi dan penyadatan masyarakat," tuturnya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Willy Widianto
BBC

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas