• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com
BBC

Jerman minta Inggris jelaskan program spionase

Selasa, 25 Juni 2013 21:24 WIB
Markas GCHQ

Snowden mengatakan GCHQ memantau komunikasi warga di internet.

Pemerintah Jerman meminta Inggris menyediakan informasi tentang kegiatan mata-mata kontroversial yang dilakukan badan-badan intelijen Inggris.

Informasi bahwa agen-agen intelijen Inggris melakukan kegiatan mata-mata kontroversial tersebut diungkap oleh mantan pegawai kontrak CIA, Edward Snowden.

Menurut Snowden, badan intelijen Inggris GCHQ secara diam-diam menyadap data komunikasi internet melalui kabel serat optik dalam jumlah yang sangat besar.

Menteri Kehakiman Jerman, Sabine Leutheusser-Schnarrenberger, meminta klarifikasi apakah benar Inggris mengumpulkan data komunikasi tersebut.

'Trauma' NAZI

Wartawan BBC di Berlin, Stephen Evans, mengatakan surat yang ia kirim kepada pemerintah Inggris secara spesifik memuat empat pertanyaan.

Pertama, apa landasan hukum kegiatan mata-mata tersebut.

Kedua, apakah kegiatan memantau komunikasi ini sudah mendapat pengesahan pengadilan.

Ketiga, apakah ada informasi yang dikumpulkan dari orang-orang tertentu dan yang terakhir apakah ada warga Jerman yang menjadi sasaran kegiatan mata-mata.

Surat permintaan klarifikasi dikirim ke London setelah kanselir Jerman Angle Merkel mempertanyakan kegiatan mata-mata ini.

Di Jerman isu mata-mata ini bisa bergulir menjadi masalah besar dan serius karena Komunis dan NAZI di masa lalu melakukan kegiatan mata-mata terhadap warga Jerman.

Sumber: BBC Indonesia
BBC
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1951202 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas