Jumat, 28 November 2014
Tribunnews.com
BBC

Telepon jumbo Sony yang tahan air

Selasa, 25 Juni 2013 21:55 WIB

Sony meluncurkan produk terbarunya berupa telepon genggam Android tahan air dengan layar 6,4 inci atau 16,3 cm.

Raksasa industri Jepang itu juga menegaskan Xperia Z Ultra sebagai telepon genggam berlayar lebar yang paling tipis yang beredar di pasar saat ini.

Xperia Z Ultra juga mampu menerima sketsa atau catatan dengan menggunakan pensil biasa atau pulpen berujung logam selain pena yang disediakan khusus sebagai pilihan bagi pengguna.

Sony mengatakan produknya ditujukan untuk bersaing dengan Samsung, yang saat ini mendominasi pasar telepon genggam ukuran jumbo.

Menurut riset Transparency Market Research, Samsung menguasai 70% dari total pasar telepon genggam jumbo dan telepon genggam tablet atau phablet pada tahun 2012.

Produk Samsung Galaxy S3 dan Galaxy Note 2 merupakan telepon genggam yang paling populer dan awal tahun ini muncul lagi Galaxy S4 serta Galaxy Mega -dengan layar 6,3 inci.

Sebelum Xperia Z Ultra yang diperlihatkan di Expo Mobile Asia di Shanghai, Sony sudah lebih dulu meluncurkan telepon gengam dengan layar 5 inci.

Persaingan telepon jumbo

Produk terbaru Z Ultra akan dipasarkan di pasar Cina, Indonesia, dan Singapura pada bulan Juli namun baru bulan September masuk ke pasar Eropa.

"Asia Tenggara merupakan pasar utama bagi produk tersebut karena kecenderungan untuk telepon cerdas dengan layar lebar amat kuat di sana," tutur Calum MacDougall, Dierktur Pemasaran Xperia kepada BBC.

"Namun kami juga melihat kecenderungan yang sama di Eropa."

MacDougall mengakui bahwa saat ini para pengguna telepon jumbo masih melirik kepada Galaxy Note.

"Kini kami bisa menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda: layar yang lebih kuat, portabilitas yang tinggi, tahan air, dan sesuatu yang berbeda terkait pena dan pulpen."

Sony bukan satu-satunya industri telepon genggam yang berupaya untuk menyaingi Samsung.

Beberapa bulan lalu Huawei meluncurkan telepon genggam Ascend Mate dengan layar 6,1 inci sementara Acer dengan Liquid S1 yang memiliki layar 5,7 inci, maupun Lenovo yang memproduksi Ideaphone K900 berlayar 5,5 inci.

Sumber: BBC Indonesia
BBC

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas