Sabtu, 30 Mei 2015
Tribunnews.com
ABC

Pasifik Hitam-Putih Dalam Rekaman Wartawan Australia

Senin, 6 Januari 2014 02:30 WIB

Kawasan Pasifik seringkali digambarkan kaya warna, ceria, dan indah. Namun, kali ini seorang wartawan foto Australia menyajikannya dalam suasana lain: hitam putih, kaya makna, bahkan terkadang mencekam.

Ben Bohane, yang menghabiskan lebih dari dua puluh tahun mengabadikan kehidupan dan tradisi masyarakat-masyarakat yang tinggal di kawasan Pasifik, baru-baru ini menerbitkan buku barunya: "The Black Islands: Spirit and War in Melanesia." (Pulau-pulau hitam: Roh dan Perang di Melanesia).

Dalam buku ini, Bohane menyajikan sebagian karyanya yang bertema konflik dan tradisi spiritual di kawasan Pasifik, dan juga peran tradisi dan agama.

Foto-foto yang ada dalam buku ini adalah foto-foto hitam putih.

"Kita terbiasa melihat Pasifik penuh warna, dengan orang-orang yang ceria dan cantik, dengan bunga di balik telinga mereka," jelas Bohane.

Ia justru berharap foto-foto hitam putih akan menyadarkan orang-orang bahwa kawasan tersebut juga menghadapi tantangan-tantangan berat.

"Ini tidak hanya soal matahari tenggelam di kawasan tropis dan pantai-pantai berpasir putih, namun juga tentang masyarakat, budaya, dan tantangan yang mereka hadapi, dan cara mereka menjelajah dunia modern," ucap Bohane,

Halaman12
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas