Pasifik Hitam-Putih Dalam Rekaman Wartawan Australia

Kawasan Pasifik seringkali digambarkan kaya warna, ceria, dan indah. Namun, kali ini seorang wartawan foto Australia menyajikannya…

Kawasan Pasifik seringkali digambarkan kaya warna, ceria, dan indah. Namun, kali ini seorang wartawan foto Australia menyajikannya dalam suasana lain: hitam putih, kaya makna, bahkan terkadang mencekam.

Ben Bohane, yang menghabiskan lebih dari dua puluh tahun mengabadikan kehidupan dan tradisi masyarakat-masyarakat yang tinggal di kawasan Pasifik, baru-baru ini menerbitkan buku barunya: "The Black Islands: Spirit and War in Melanesia." (Pulau-pulau hitam: Roh dan Perang di Melanesia).

Dalam buku ini, Bohane menyajikan sebagian karyanya yang bertema konflik dan tradisi spiritual di kawasan Pasifik, dan juga peran tradisi dan agama.

Foto-foto yang ada dalam buku ini adalah foto-foto hitam putih.

"Kita terbiasa melihat Pasifik penuh warna, dengan orang-orang yang ceria dan cantik, dengan bunga di balik telinga mereka," jelas Bohane.

Ia justru berharap foto-foto hitam putih akan menyadarkan orang-orang bahwa kawasan tersebut juga menghadapi tantangan-tantangan berat.

"Ini tidak hanya soal matahari tenggelam di kawasan tropis dan pantai-pantai berpasir putih, namun juga tentang masyarakat, budaya, dan tantangan yang mereka hadapi, dan cara mereka menjelajah dunia modern," ucap Bohane,

Halaman
12
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help