Melihat Keunikan Koleksi Museum Zoologi Bogor

Indonesia negara yang kaya akan keaneragaman hayati seperti Brazil dan Museum Zoologi di Bogor Jawa Barat menyimpan berbagai koleksi…

Indonesia negara yang kaya akan keaneragaman hayati seperti Brazil dan Museum Zoologi di Bogor Jawa Barat menyimpan berbagai koleksi binatang untuk bahan penelitian. Museum ini hanya dibuka setahun sekali untuk umum pada bulan Oktober, namun wartawan ABC Laban Laisila baru-baru ini diberi kesempatan khusus untuk mengunjungi.

 Museum Zoologi  ini letaknya sekitar 46 kilometer dari Jakarta, tak jauh dari Kantor Pemda Kabupaten Bogor dan merupakan Museum yang khusus menyimpan koleksi untuk penelitian.

Menurut Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bidang ilmu hayati Endang Sukara, museum ini menyimpan ratusan juta spesimen dari puluhan ribu jenis.

Namun koleksi itu masih terbatas pada hewan darat dan air tawar serta invertebrate. Endang Sukara menyebut koleksi di sini diperkirakan cuma sekitar tak lebih sepuluh persen dari keaneka ragaman hayati yang dimiliki Indonesia.

 Museum Zoologi yang di Kebun Raya Bogor didirikan pada 1894, sementara tempat koleksi untuk Museum Zoologi di sini baru ditempati pada 1997 dengan dana hibah dari Bank Dunia dan Jepang, tanpa sedikit pun campur tangan Pemerintah Indonesia pada masa proses pembangunannya.

“Ketika kita dapat donasi, kita bangun ini. Dua duanya dengan herbarium botani. Dalam dua tahap. Masing-masing tahap 20 juta dollar. Bukan dari dana pemerintah Indonesia.”" kata Endang Sukara.

Penemuan Jalak Bali

Di museum tersebut, terdapat 24 ruangan koleksi dan salah satu yang unik adalah ruangan penyimpanan spesimen burung.

Temperature udara di ruangan tersebut sengaja dipertahankan pada 22 derajat celcius supaya koleksi tidak hancur. Luas ruangan kira kira gabungan sekitar 300 meteran persegi.

Ada seribu jenis burung yang disimpan di sini dari perkiraan 1600 jenis yang ada di Indonesia. Termasuk Jalak Bali yang tersisa hanya enam ekor yang hidup di alam bebas.

Halaman
123
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved