Panen Durian di Australia Melebihi Perkiraan

Para petani buah durian di Wilayah Utara Australia tahun ini menikmati panen besar, dikarenakan musim kering yang lebih hangat daripada…

Para petani buah durian di Wilayah Utara Australia tahun ini menikmati panen besar, dikarenakan musim kering yang lebih hangat daripada biasanya. Musim kering tersebut merugikan para petani mangga, namun justru memberikan hasil panen durian yang melebihi perkiraan.

“Kami memproduksi hampir lima ton. Ini musim terbaik yang pernah kami alami,” cerita Han Shiong Siah, yang tengah merampungkan panen duriannya.

Permintaan durian di Australia pun cukup besar. “Buah durian amat digemari di daerah selatan. Di Sydney dan Melbourne, harga jualnya melebihi 20 dollar (Rp 211.000) per kilogram,” ucapnya.

Bagi mereka yang baru pertama kali mencicipi durian, ada saran dari Siah.

“Cara makan durian pertama kalinya adalah dengan menghindari baunya. Jadi sumbat hidung anda dan santaplah, karena rasanya menyerupai selai yang manis,” ceritanya.

“Setelah beberapa kali, anda akan suka baunya. Saya kenal ada petani dari Asia yang datang ke sini, dan begitu mereka mencium bau durian mereka akan berusaha mencari, bahkan memanjat pohon untuk mendapatkannya,” kata Siah.

Selain durian, buah-buah lain yang banyak dihasilkan dalam musim panen ini adalah rambutan dan manggis.

Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved