Canberra Mulai Melarang Minuman Bergula di Sekolah

Pemerintah negara bagian Wilayah Ibukota Canberra (ACT) memutuskan untuk melarang penjualan semua jenis minuman yang mengandung pemanis…

Pemerintah negara bagian Wilayah Ibukota Canberra (ACT) memutuskan untuk melarang penjualan semua jenis minuman yang mengandung pemanis di sekolah-sekolah di ibukota Australia tersebut, terhitung mulai tahun 2017.

Menteri Utama ACT Katy Gallagher mengatakan, sebagai langkah pertama kebijakan baru ini, pihaknya akan menarik semua jenis minuman dengan kandungan gula tinggi seperti minuman ringan dari semua vending machines mulai triwulan mendatang.

"Kami ingin menunjukkan contoh tentang bagaimana membatasi akses terhadap minuman dengan kandungan gula di sekolah-sekolah," kata Gallagher.

Ia merujuk kepada data yang menunjukkan peningkatan tingkat obesitas di kalangan anak-anak di Canberra. "Kita semua tahu tingkat obesitas di kalangan anak-anak terus meningkat, dan salah satu penyebab utamanya adalam minuman yang mengandung pemanis," katanya.

Sebagai alternatifnya, kata Gallagher, pihaknya akan terus mempromosikan air putih sebagai pilihan utama minuman bagi para siswa.

Dalam kebijakan itu, semua jenis minuman dengan kandungan pemanis akan terkena dampak termasuk jus buah, susu manis, dan minuman sirup. "Semua itu mengandung gula yang sangat tinggi," jelas Gallagher.

Namun sejauh ini di Canberra terdapat hanya 5 buah vending machines untuk air minum, dan semuanya hanya di SMU.

Karena itu, sebagai bagian kebijakan ini Pemerintah ACT terhitung mulai 2017 akan melengkapi semua sekolah negeri dengan mesin penjual air minum.

Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved