Ikan Hiu Langka MegaMouth Tertangkap di Pantai Shizuoka

Salah satu ikan hiu Megachasma Pelagios (MegaMouth) pada pukul 6 pagi Senin (14/4/2014) tertangkap di Pantai Kurasawa, Shimizu-ku.

Ikan Hiu Langka MegaMouth Tertangkap di Pantai Shizuoka
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Salah satu ikan hiu Megachasma Pelagios (MegaMouse) tanggal 14 April tertangkap di Pantai Kurasawa, Shimizu-ku, perfektur Shizuoka, Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews dari Tokyo, Richard Susilo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Salah satu ikan hiu Megachasma Pelagios (MegaMouth) pada pukul 6 pagi, Senin (14/4/2014) tertangkap di Pantai Kurasawa, Shimizu-ku, perfektur Shizuoka, oleh kapal penangkap ikan Koyo Maru kesebelas. Hiu dengan mulut yang besar ini kemudian langsung dibawa ke pelabuhan ikan Yui di Shizuoka.

Di dunia jenis ikan hiu ini hanya ada sekitar 50 ekor saja.

Peneliti dari Tokai University bagian kelautan mengungkapkan ikan hiu langka itu (betina) dengan panjang sekitar 4,4 meter merupakan ikan hiu ke-57 di dunia yang ditemukan. Demikian ungkap koran Shizuoka, Selasa (15/4/2014).

Ikan hiu langka ini merupakan salah satu teka-teki ekologi. Ikan hiu tersebut akan dibawa untuk diotopsi pada museum ilmu kelautan publik (Miho) yang akan dilakukan di paruh kedua bulan Mei nanti saat liburan Golden Week.

Menurut Akira Tanaka, profesor fakultas kelautan universitas Tokai, ada kasus dimana MegaMouse menghuni laut dalam sekitar 200 meter di kedalaman air, malam datang ke arah yang lebih dangkal, lalu mengikuti umpan pengail, sehingga kemarin tersangkut jala kapan penangkap ikan.

Kadang-kadang muncul pula di Enshunada (nama perairan yang terletak di Laut Filipina sebelah barat laut Samudera Pasifik), dan tertangkap seperti saat seseorang memancing di Omaezaki lepas pantai di masa lalu.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved