Mahasiswa Australia Bikin Film 'Sri Ngilang' Memakai Bahasa Jawa

Siapa bilang Bahasa Jawa itu "kampungan" alias ndeso? Buktinya, bahasa yang diolah dari sanskerta India kuno tersebut justru populer di luar negeri

Laporan Wartawan Tribunnews.com Reza Gunadha

TRIBUNNEWS.COM, AUSTRALIA - Siapa  bilang memakai Bahasa Jawa itu "kampungan" alias ndeso? Buktinya, bahasa yang diolah dari sanskerta India kuno tersebut justru populer di luar negeri.

Setidaknya, bahasa dan sastra Jawa merupakan satu dari 14 bahasa Asia yang diajarkan di berbagai universitas, termasuk Australian National University (ANU).

Bahkan, sejumlah mahasiswa ANU memproduksi sekaligus menjadi pemain utama dalam film pendek yang berlatar belakang Jawa.

Uniknya lagi, film itu memakai bahasa Jawa. Sementara bahasa Inggris, hanya menjadi teks penjelas atau subtitle.

Film berjudul "Sri Ngilang" itu, menceritakan tentang seorang mahasiswi bernama Sri yang menghilang. Padahal, kedua temannya yang bernama Parto dan Landhung, memerlukan bantuan Sri.

Parto dan Landhung lantas menemui Nur dan Narsih, yang juga teman Sri. Mereka berempat, lantas bertindak layaknya detektif swasta mencari jejak Sri. Mau tahu kelanjutan ceritanya? simak filmnya di tautan berita ini.

Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved