Kompas Gramedia Terbitkan 'Vittoria', Novel Konflik Indonesia dan Timor Leste

Novel yang mengisahkan cerita cinta berlatar konflik kemanusiaan antara Timor Leste dan Indonesia ini belum lama rampung pada Desember 2014 lalu.

Kompas Gramedia Terbitkan 'Vittoria', Novel Konflik Indonesia dan Timor Leste
Ruth Vania Christine/Tribunnews.com
Penyerahan novel Vittoria oleh Candra Gautama, editor dari Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) Kompas Gramedia, pada dua penulis Vittoria Eufrasia Vieira (EV) dan Les D. Soeriapoetra, di acara peluncuran buku Vittoria di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta Selatan, Senin (31/8/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Novel berjudul 'Vittoria: Helena's Brown Box' karya dua penulis asal Timor Leste dan Indonesia, Eufrasia Vieira (EV) dan Les D. Soeriapoetra (Dodi), akhirnya siap dipublikasikan oleh Kompas Gramedia kepada publik mulai Senin (31/8/2015) ini.

Novel yang mengisahkan cerita cinta berlatar konflik kemanusiaan antara Timor Leste dan Indonesia ini belum lama rampung pada Desember 2014 lalu.

Novel tersebut dikatakan menarik sebab 'Vittoria' merupakan hasil proyekan dua tokoh yang mewakili dua bangsa yang sedang mengalami puncak konflik yang hebat. Baik EV dan Dodi mewakili dua tokoh dalam cerita 'Vittoria', yaitu Andrea dan Helena.

Selain itu, 'Vittoria' juga menjadi novel pertama yang pernah mengulas sengketa Timor Leste dan Indonesia itu dengan mengambil tema kisah cinta, yang kaya akan nilai kemanusiaan, semangat cinta kasih, saling memaafkan, serta persahabatan dan persaudaraan.

Awalnya, sebelum menjadi sebuah novel, kedua penulis 'Vittoria' mewujudkan cerita untuk novel itu dalam bentuk skenario film berdurasi dua jam. Gagasan cerita, dibuat oleh Dodi, mengikut alur terjadinya berbagai peristiwa penting di Timor Timur sejak berakhirnya masa penjajahan Portugis.

Setelah garapan skenario selesai pada 2013, rencana pembuatan film 'Vittoria' mulai disosialisasikan ke berbagai kalangan terbatas. Tak disangka, respon dari beberapa tokoh penting di Timor Leste, hingga kalangan pekerja seni film dan musik di dalam serta luar Indonesia, sangat baik dan amat mendukung.

Akhirnya skenario film itu digarap menjadi sebuah novel, sehingga dapat memberikan ruang untuk mengembangkan latar belakang tiap karakter secara rinci. Novel 'Vittoria' selesai dalam jangka waktu 4 bulan.

Dalam peluncuran novel 'Vittoria', pada Senin ini di gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat, Jakarta Selatan, EV dan Dodi berharap novel itu dapat menginspirasi masyarakat di Timor Leste dan Indonesia untuk membangun peradaban baru yang lebih baik di masa mendatang.

Novel 'Vittoria: Helena's Brown Box' sudah bisa didapatkan di seluruh toko Gramedia di Indonesia, seharga Rp 85.000.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved