BBC

Cina tangkap empat tersangka pencuri 80 fosil telur dinosaurus

Polisi Cina berhasil menemukan 27 fosil telur yang dicuri dari seorang kolektor namun sekitar 50 lainnya belum diketahui keberadaannya.

Cina, dinosaurus, fosil
AFP
Kota Heyuan, di sebelah selatan Cina, merupakan salah satu 'gudang fosil' terbesar di dunia.

Polisi Cina menangkap empat tersangka terkait pencurian sekitar 80 fosil telur dinosaurus.

Telur-telur yang sudah menjadi fosil itu diduga dicuri dari seorang kolektor di Provinsi Zhejiang, di sebelah timur Cina.

Seorang tersangka yang disebut dengan nama keluarga Wang dilaporkan mengunjungi kolektor bersangkutan dan berpura-pura tertarik untuk membeli telur dinosaurus.

Keempat tersangka sudah ditahan dengan tuduhan membagi-bagi telur di antara sesama mereka, seperti dilaporkan kantor berita pemerintah Cina, Xinhua.

Wang dituduh membawa 27 telur ke rumahnya di Provinsi Heilongjiang dan berhasil ditemukan kembali oleh polisi. Namun sisanya, sekitar 50 telur, belum diketahui keberadaannya.

Ketiga tersangka lain juga dituduh membantu Wang mencuri telur-telur dinosaurus tersebut pada Senin (09/01) malam sebelum melarikan diri ke Shanghai.

Cina, dinosaurus, fosil
AFP
Banyak fosil yang ditemukan di Cina dan di sekitar Mongolia diekspor secara gelap ke luar negeri.

Cina merupakan salah satu sumber terbesar fosil di dunia, khususnya di kawasan kota sebelah selatan Cina, Heyuan.

Sekitar 17.000 telur dinosaurus -yang merupakan temuan terbesar di dunia- sudah ditemukan di Heyuan sejak tahun 1996 sejak sekelompok anak yang bermain-main di satu lokasi pembangunan menemukan beberapa fosil.

Cina, dinosaurus, fosil
AFP
Cina merupakan salah satu sumber terbesar fosil di dunia.

Banyak fosil yang ditemukan di Cina dan di sekitar Mongolia diekspor secara gelap dan dijual kepada para kolektor untuk mendapat keuntungan besar.

Pada Desember 2015, seperti dilaporkan kantor berita AFP, satu fosil yang diekspor secara gelap yang berusia sekitar 120 juta tahun dikembalikan polisi Amerika Serikat ke Cina.

Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help