Militer Korsel Selidiki Prajurit Gay

Pihak militer Korea Selatan memburu dan menuntut prajurit gay, pasca beredarnya video dua tentara pria yang melakukan hubungan seks.

Militer Korsel Selidiki Prajurit Gay
AP Photo/Ahn Young-joon
Sejumlah prajurit militer Korsel sedangan berjalan di stasiun kereta api di Kota Seoul, pada 20 April 2017. 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Pihak militer Korea Selatan memburu dan menuntut prajurit gay, pasca beredarnya video dua tentara pria yang melakukan hubungan seks.

Rekaman video tersebut diunggah ke jejaring internet pada awal tahun ini.

Berdasarkan pernyataan sebuah kelompok pemantau di Korsel, perburuan ini memicu ketakutan bagi para anggota kelompok minoritas yang selama telah mengalami kekerasan dan diskriminasi tersebut.

Disebutkan, para penyelidik militer menggunakan segala cara untuk menjerat para prajurit homoseks di lingkungan militer Korsel.

Mereka menyita ponsel untuk memeriksa catatan komunikasi, dan bahkan menggunakan aplikasi kencan untuk menipu tentara agar mengungkapkan identitas seksual mereka.

Lim Tae-hoon, Kepala Pusat Hak Asasi Manusia Militer untuk Korea mengaku ada tim penyelidik yang melacak tindak kekerasan di tubuh angkatan bersenjata terkait kasus ini.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (21/4/2017), pihak tentara Korsel mengaku melakukan penyelidikan kriminal terhadap tentara yang diduga terlibat dalam pembuatan film dan mengunggah video pasangan gay tersebut.

Tindakan tersebut merupakan pelanggaran undang-undang komunikasi negara, dan melanggar peraturan pidana militer, di mana aktivitas homoseksual dapat dihukum hingga dua tahun penjara.

Namun, pihak militer membantah tuduhan perburuan, yang dilakukan sekaligus untuk menunaikan misi menyingkirkan tentara gay dari tubuh militer Korsel.

"Penyelidik militer menggunakan informasi yang mereka dapatkan dari penyelidikan video seks untuk melacak tentara gay lainnya di tubuh militer Korsel," kata Lim.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help