BBC

Bayi gajah ditemukan tewas tertabrak di jalan raya Malaysia

Seekor bayi gajah ditemukan tewas di jalan raya di Malaysia yang tampaknya tertabrak oleh sebuah kendaraan.

Seekor bayi gajah ditemukan tewas di jalan raya di Malaysia setelah tampaknya tertabrak oleh sebuah kendaraan.

Para petugas taman nasional yang menemukan bangkai anak gajah tersebut mengatakan, bahwa insiden semacam itu "jarang terjadi".

Kalangan pegiat lingkungan mengungkapkan bahwa kerusakan habitat memaksa gajah-gajah liar mendekati kawasan jalan raya East-West Highway, yang menghubungkan wilayah timur laut Kelantan ke beberapa negara bagian di Malaysia.

Pejabat setempat telah meminta para pengemudi untuk "lebih berhati-hati" saat mengendarai mobil di jalan raya.

"Kami sudah memasang papan peringatan untuk memberi tahu para pengendara sewaktu-waktu ada gajah yang menyeberang di sepanjang jalan raya," kata Loo Kean Seong, direktur Departemen Perlindungan Satwa Liar dan Taman Nasional di Perak.

"Jadi mereka perlu lebih bertanggung jawab, terutama saat mereka menyetir larut malam atau dini hari."

Kendaraan yang dipacu berada dalam batas kecepatan rendah, lebih banyak diberlakukan.

Kelompok konservasi yang berbasis di Kuala Lumpur, yaitu Manajemen dan Ekologi Gajah Malaysia (MEME), menemukan gajah yang mati pada hari Jumat (16/6).

"Kami yakin kejadian ini berlangsung dengan cepat dan anak gajah itu langsung mati, kepalanya terkena benturan dan keluarganya sudah tidak ada lagi pada saat kami tiba," kata Ahimsa Campos-Arceiz.

Ia mengatakan kepada BBC bahwa mereka menemukan gajah-gajah lainnya yang mati di kawasan hutan lindung tersebut pada tahun 2010 dan 2014.

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help