Terancam Tutup Sekolah Islam Terbesar di Australia

AFIC diduga telah menggunakan sebagian dana, yang dibayarkan melalui pengaturan sewa sekolah demi mendapatkan keuntungan.

Terancam Tutup Sekolah Islam Terbesar di Australia
Australia Plus
Sekolah Malek Fahd di Sydney. 

TRIBUNNEWS.COM, SYDNEY - Sekolah Islam terbesar di Australia, Malek Fahd Islamic School di Sydney, kemungkinan besar akan tutup dalam dua pekan mendatang jika bantuan dana pemerintah federal dan negara bagian tidak dipulihkan.

Sekolah ini memiliki beberapa kampus, termasuk yang terbesar di Greenacre dengan jumlah murid lebih dari 2.400 orang.

Ketua dewan pengelola sekolah, Dr John Bennett mengatakan telah mengirimkan surat kepada otoritas pendidikan pekan lalu tentang kemungkinan penutupan sekolah tersebut.

"Sekolah masih sanggup membayar kewajibannya, tetapi tidak dapat beroperasi pada kuartal ketiga kecuali dana tertunda dari commonwealth dan dana yang ditangguhkan dari negara bagian dipulihkan," kata Dr Bennett kepada ABC.

Menteri Pendidikan Australia Simon Birmingham tahun lalu menarik sekitar 19 juta dolar dana tahunan setelah timbul masalah kesalahan pengelolaan keuangan pihak yayasan, Federation of Islamic Council (AFIC) Australia.

AFIC diduga telah menggunakan sebagian dana, yang dibayarkan melalui pengaturan sewa sekolah demi mendapatkan keuntungan.

Keputusan pemerintah itu digugat tetapi pada Januari lalu, sekolah tersebut kalah di Pengadilan Banding Administratif.

Saat itu, pengelola sekolah menyatakan, dana Commonwealth akan berlanjut untuk jangka pendek, sambil menunggu keputusan banding Pengadilan Federal.

Sekolah tersebut telah menerima total 3,2 juta dolar dana pemerintah federal untuk Februari dan Maret tetapi kini pemerintah menghentikan kucuran dana.

"Baik Commonwealth maupun negara bagian telah membayarkan uang sekolah di awal tahun. Baru pada April Commonwealth memutuskan menunda pembayaran lebih lanjut," kata Bennett.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help