Fluorinert Cairan Khusus di Jepang untuk Mendinginkan Suku Cadang Elektronik

Cairan khusus Fluorinert sudah ditemukan ada sejak 40 tahun lalu dengan hak paten dipegang oleh produsen dunia yang terkenal 3M.

Fluorinert Cairan Khusus di Jepang untuk Mendinginkan Suku Cadang Elektronik
Koresponden Tribunnews/Richard Susilo
Kipas angin masih menyala berputar tersambung ke listrik dimasukkan ke dalam bak air khusus 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Super komputer di Jepang, misalnya yang dipakai Yahoo! Japan sangat besar dengan kapasitas memori dan kecepatan tinggi, pasti menghasilkan energi panas yang tinggi. Namun ternyata panas tersebut bisa ditekan rendah hanya dengan air khusus.

"Sebenarnya bukan air H2O yang kita kenal biasa, cairan tersebut memang sangat mirip air, kalau diraba seperti air dan sejenak saja seperti basah, tapi langsung hilang kering. Seolah setelah tangan menyentuh air, tidak menempel di tangan kita," ungkap sumber Tribunnews.com, Minggu (16/7/2017).

Usut punya usut, ternyata memang cairan khusus tersebut sudah ditemukan ada sejak 40 tahun lalu dengan hak paten dipegang oleh produsen dunia yang terkenal 3M.

Cairan itu disebut dengan nama Fluorinert. Namun belakangan semakin canggih hasil pengembangan lebih lanjut.

Air khusus Fluorinert tersebut memang sejak lama dibuat dan dipakai untuk mendinginkan berbagai suku cadang elektronik. Itulah sebabnya dijuluki Electronic Liquids.

Apabila cairan ini dimasukkan ke dalam peralatan elektronik, peralatan tersebut akan menjadi adem, agak dingin, menurunkan suhu panas.

Meskipun demikian sama sekali tidak berbahaya dan tidak membahayakan meskipun tersambung dengan listrik.

Bahkan aliran listrik yang positif negatif masuk ke cairan tersebut juga tidak terjadi aliran arus pendek (kortsleting). Padahal cairan itu mirip dengan biasa.

Tribunnews.com mencoba sendiri memasukkan segala macam produk ke dalam kotak cairan khusus tersebut.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved