BBC

Lebih jauh mengenal Usain Bolt, legenda dan manusia tercepat sejagat

Usain Bolt, peraih emas di Olimpiade dan Kejuaraan Dunia, pensiun pekan ini. Berikut data Bolt yang layak Anda ketahui.

Usain Bolt mendapat julukan sang legenda setelah menorehkan namanya sebagai pelari tercepat di dunia dengan catatan waktu 9,58 detik di nomor 100 meter.

Dan usai Kejuaraan Dunia Atletik di London, 2-13 Agustus 2017 di London, Bolt, yang berasal dari Jamaika, bersiap untuk pensiun. Berikut beberapa data yang membuatnya layak menyandang atribut sang legenda:

1

Bolt adalah pelari tercepat dalam sejarah.

Tiga rekor dunia lari 100 meter dalam satu dekade terakhir semuanya dicetak oleh Bolt. Ia pertama kali memecahkan rekor pada 2008.

Rekor Bolt
BBC

Bolt mengungguli rekan senegaranya, Asafa Powell, dengan catatan waktu 9,74 detik pada Mei 2008. Beberapa bulan kemudian, tepat di ajang Olimpiade Beijing, ia mempertajam catatannya menjadi 9,69 detik.

Penampilannya tak terbendung dan ketika berlomba di Kejuaraan Dunia Atletik 2009 di Berlin, sejarah menjadi saksi prestasinya yang gemilang, mencatat rekor baru 9,58 detik.

Apa yang ia raih ini tentu saja lebih baik dibandingkan atlet Amerika Serikat, Donald Lippincott, yang menorehkan rekor 10,6 detik di Stockholm, Swedia, pada 1912, rekor resmi pertama yang diakui organisasi atletik dunia, IAAF.

Jim Hines, tercatat sebagai manusia pertama di muka Bumi yang bisa lari 100 meter di bawah 10 detik. Ia membukukan rekor ini pada 1968.

2

Bolt memang lebih cepat dibandingkan atlet-atlet lain pada masanya.

Grafik berikut memperlihatkan kecepatan Bolt dibandingkan atlet-atlet lain. Data dikumpulkan sebelum penyelenggaraan Kejuaraan Dunia di London pada 2017.

Rekor Bolt
BBC
Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help