BBC

Gempa Meksiko: Upaya pencarian dilanjutkan, korban terus bertambah

Tim penyelamat terus berusaha menyelamatkan orang-orang yang masih terperangkap dalam reruntuhan gedung, hampir 48 jam setelah gempa kuat melanda

Tim penyelamat terus berusaha menyelamatkan orang-orang yang diduga masih terperangkap dalam reruntuhan gedung, hampir 48 jam setelah gempa kuat melanda pantai selatan Meksiko.

Gempa berkekuatan 8,1 skala Richter telah menyebabkan setidaknya 65 orang tewas, demikian keterangan resmi pejabat Meksiko.

200 orang lainnya mengalami cedera, kata Presiden Meksiko, Enrique Peña Nieto, saat mengumumkan hari berkabung nasional.

Upaya penyelamatan setelah gempa, yang terjadi Kamis, berfokus pada wilayah yang paling terdampak yaitu di negara bagian Tabasco, Oaxaca dan Chiapas.

Sementara itu, kategori yang semula dikhawatirkan sebagai Badai Katia, yang menyerang Veracruz di pantai timur pada Sabtu, telah diturunkan menjadi kategori badai tropis.

Pusat Badai Nasional AS melaporkan bahwa kekuatan badai Katia telah melemah setelah sempat menerjang daratan, tetapi pejabat setempat khawatir badai masih dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir.

meksiko
PEDRO PARDO/AFP
Keluarga korban menangisi salah-seorang anggotanya meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan setelah gempa mengguncang Kota Juchitan de Zaragoza, di negara bagian Oaxaca, 8 September 2017.

Puluhan ribu paket bantuan darurat, serta 100 petugas polisi dan tim penyelamatan tambahan telah dikirim ke Juchitán, Oaxaca, yang merupakan kota yang paling terdampak gempa.

Gempa berkekuatn 8,1 skala Richter ini merupakan yang paling kuat di manapun sejak September 2015, tetapi karena faktor kedalamannya -70km menurut Survei Geologi AS- berarti getaran yang dirasakan di permukaan kurang kuat ketimbang gempa yang sama kuatnya, namun dangkal.

Sedikitnya 37 orang dilaporkan meninggal di Juchitán, menurut surat kabar Milenio. Balai kota dan sejumlah bangunan lainnya hancur atau rusak parah.

"Situasinya Juchitán sangat kritis, ini adalah peristiwa paling mengerikan dalam sejarahnya," kata Walikota, Gloria Sanchez.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help