Siapa Calon Pengganti Bos Yakuza Jepang Yamaguchigumi?

Isu kuat beredar Takeuchi lah yang akan menggantikan Tsukasa, karena Tsukasa pun berasal dan pendiri dari Kudokai.

Siapa Calon Pengganti Bos Yakuza Jepang Yamaguchigumi?
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Shinichiro Suda, wartawan senior Jepang peliput Yakuza. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -Di bawah kepemimpinan Yamaguchigumi generasi ke-6, Shinobu Tsukasa (75), kelompok mafia Jepang (yakuza) terbesar itu terpecah hingga tiga kelompok.

Selain Yamaguchigumi, ada pula Kobe Yamaguchigumi (KY) sejak 27 Agustus 2015, lalu 30 April 2017 pecah lagi menjadi Ninkyo Yamaguchigumi (NY).

"Tsukasa mungkin akan digantikan oleh Teruaki Takeuchi, bos generasi ketiga Kodokai yang bermarkas di Nagoya, pilar utama Yamaguchigumi," ungkap Shinichiro Suda, wartawan senior Jepang yang mendalami masalah yakuza kepada Tribunnews.com, Minggu (1/10/2017).

Suda mendengar dari banyak sumber termasuk pihak kepolisian khusus yang bergerak di bidang anti yakuza bahwa isu kuat beredar Takeuchi lah yang akan menggantikan Tsukasa, karena Tsukasa pun berasal dan pendiri dari Kudokai.

Lalu bagaimana penggantian terjadi karena masa jabatan bos yakuza tidak ada batasnya kecuali dia mengundurkan diri, sakit atau meninggal dunia.

Baca: Kisah Wartawan Jepang Luput dari Sasaran Penembakan Anggota Yakuza Berkat Mobil Anti Peluru

"Kemungkinan dibunuh tentu saja, baik ditembak atau pun diracuni. Jadi risikonya menjadi bos yakuza memang besar sekali," tambahnya.

Kelompok Yamaguchigumi kini sejak generasi ke-6 dipegang Tsukasa, praktis keturunan Korea (zainichi) mendominasi, termasuk Tsukasa pun juga keturunan atau punya darah Korea.

Itulah sebabnya sejak awal perpecahan dengan KY, Tribunnews.com sudah menduga kuat dan juga dari berbagai sumber, salah satu penyebab perpecahan adalah beda pikiran antara zainichi dengan orang Jepang asli.

Teruaki Takeuchi Yakuza
Teruaki Takeuchi
Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help