BBC

Apa kata bintang-bintang olahraga Spanyol soal kemerdekaan Catalunya?

Gerard Pique siap mundur dari timnas Spanyol sementara Pep Guardiola dan Rafael Nadal mengatakan sedih dengan jatuhnya korban dalam referendum

Bintang-bintang olahraga Spanyol angkat bicara tentang referendum kemerdekaan Catalunya dari Spanyol yang diwarnai kekerasan.

Pemain sepak bola Gerard Pique mengatakan siap mundur dari timnas Spanyol sementara manajer bola Pep Guardiola dan petenis nomor satu dunia Rafael Nadal sedih dan prihatin dengan jatuhnya korban saat digelar pemungutan suara hari Minggu (01/10). Pique dan Guardioala berasal dari Catalunya.

Pigue mengatakan dirinya masih bersedia menjadi anggota timnas Spanyol, tapi jika sikapnya terhadap referendum kemerdekaan dinilai sebagai masalah, dirinya siap mundur.

"Jika dinilai saya adalah bagian dari masalah, saya akan mundur dari tim nasional sebelum 2018," kata Pique kepada para wartawan.

Pique mendukung referendum dan ia mengunggah fotonya di Twitter setelah mencoblos. "Saya sudah mencoblos. Bersama kita tak terhadang dalam membela demokrasi," katanya.

Pencoblosan diwarnai kekerasan setelah polisi mencoba mencegah orang-orang untuk memberikan suara, menyebabkan lebih dari 840 orang mengalami luka-luka.

"Banyak orang di Spanyol yang tidak setuju dengan apa yang terjadi (di lapangan) ... mereka adalah orang-orang yang percaya dengan demokrasi," kata Pique.

Ia tampak tak bisa menahan tangis dan matanya berkaca-kaca.

Referendum Catalunya
EPA
Polisi mencegah warga di Catalunya memberikan suara dalam referendum kemerdekaan.

"Saya orang Catalan ... saya bangga dengan tindakan warga di Cataluntya. Mencoblos adalah hak dan itu harus dibela," katanya.

Mantan manajer Barcelona yang kini mengasuh Manchester City, Pep Guardiola, juga sependapat dengan Pique bahwa hak rakyat untuk menyampaikan suara harus dihormati.

'Spanyol ingin sembunyikan kenyataan'

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help