Satelit Jepang Michibiki 4 Pembawa GPS Tercanggih Sukses Diluncurkan

Satelit Jepang Michibiki 4 berhasil diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Tanegashima di Kagoshima Jepang, Selasa (10/10/2017).

Satelit Jepang Michibiki 4 Pembawa GPS Tercanggih Sukses Diluncurkan
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Satelit Michibiki 4 membawa peralatan untuk meningkatkan kualitas GPS Jepang saat peluncuran di Kagoshima, Selasa (10/10/2017). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Satelit Jepang Michibiki 4 berhasil diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Tanegashima di Kagoshima Jepang, Selasa (10/10/2017) lewat dari jam 7 pagi waktu Jepang.

"Satelit membawa peralatan GPS yang tercanggih untuk versi Jepang sehingga penampilan kemampuan dan kualitas ponsel Jepang beserta GPS nya semakin canggih," ungkap sumber Tribunnews.com, Selasa (10/10/2017).

Roket H2A nomor 36 membawa "Michibiki" versi-4 ke ruang angkasa sekitar 28 menit setelah peluncuran dan semua berjalan dengan lancar hingga jam 11.30 waktu Jepang.

Baca: Kala Mbah Munijah Tolak Tawaran Sepeda dari Presiden Jokowi

Dengan ketinggian 273 kilometer satelit Michibiki akan mengorbit di luar angkasa.

Melalui peralatan yang baru ini, satelit dapat memperoleh informasi yang lebih canggih lagi bagi GPS Jepang selain info GPA Amerika Serikat yang diluncurkan Agustus lalu.

Operasi penuh diharapkan dapat dilakukan mulai Maret 2018 yang nantinya dapat mengurangi berbagai error yang terjadi sebelumnya pada GPS.

Dengan peralatan baru ini GPS bisa mendeteksi obyek bumi hingga beberapa centimeter saja, menjadikan sangat detil observasi GPS tersebut.

Baca: Warga Bogor Kembalikan Jenglot yang Ditemukannya ke Gunung Mayang karena Sering Diganggu

Melalui GPS baru tersebut berbagai hal bisa diciptakan dengan lebih baik lagi dan Jepang terutama di bidang pertanian akan dapat lebih fokus lagi dan memanfaatkan kemampuan GPS tersebut lebih lanjut.

Demikian pula mesin konstruksi dan transportasi atau angkutan menggunakan drone akan terdukung dengan lebih baik lagi nantinya," kata sumber itu.

Sementara satelit Michibiki 3 saat ini berada tepat di angkasa di atas negara Indonesia.

Belum diketahui satelit Michibiki 4 ini di mana nantinya posisi penempatannya pada bulan Maret 2018 mendatang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help