Honda Jepang Incar Penjualan Paket Sistem Pemicu Daya Listrik untuk Perumahan di Indonesia

Honda Motor Co.Ltd memiliki dua konsep paket sistem pembangkit listrik untuk perumahan yang menargetkan penjualan antara lain ke Indonesia.

Honda Jepang Incar Penjualan Paket Sistem Pemicu Daya Listrik untuk Perumahan di Indonesia
Honda
Baterai Honda Mobile Power Pack dengan bentuk seperti tempat sampah. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Honda Motor Co.Ltd memiliki dua konsep paket sistem pembangkit listrik untuk perumahan yang menargetkan penjualan antara lain ke Indonesia.

"Yang satu paket sistem konsep Smart Hydrogen Station (SHS) 70MPa telah dilakukan uji coba di Filipina dan tampaknya berhasil dengan baik," ungkap sumber Tribunnews.com seorang eksekutif Honda, Kamis (12/10/2017).

Satu konsep lagi adalah Honda Mobile Power Pack System (MPPS) dengan tenaga kapasitas 1 kWh.

"Keduanya masih konsep dan terutama MPPS disasarkan ke Indonesia karena memiliki baterai kecil yang wanita pun bisa mengangkatnya, ringan," tambahnya.

Baca: Foto-foto Mewahnya Rumah Terpidana Djoko Susilo yang Bakal Diserahkan ke Pemkot Solo 17 Oktober

Konsep sistem pembangkit tenaga ini akan diteliti lebih lanjut mengenai kemampuannya di Indonesia dan melihat serta menyesuaikan dengan situasi lingkungan kondisi setempat.

"Kalau cocok pakai hidrogen gas ya pakai itu, kalau cocok pakai tenaga angin ya pakai angin, misalnya. Lalu energi disimpan di baterai yang akan membangkitkan pasokan listrik nantinya bagi, misalnya satu gedung rumah tangga," jelasnya.

Kekuatan baterainya sendiri tidak diungkapkan. Namun dari satu sistem konsep tersebut bisa memasok listrik sebesar 1kWH.

Baca: Seorang Wanita Bersama Dua Pria Kepergok Polisi di dalam Satu Kamar Hotel

Dua konsep energi terbarukan Honda ini masih belum tahu kapan akan dipasarkan di Indonesia.

"Kami masih dalam tahap konsep dan tahap penelitian lebih lanjut terutama penelitian di lapangan Indonesia, apa yang terbaik untuk Indonesia. Karena beda situasi kondisi di lapangan bisa mengubah sistem konsep agar tercapai sistem yang terbaik nantinya," ujarnya.

Setelah menguasai situasi lingkungan yang ada di Indonesia, konsep akan menjadi satu produk dan memiliki harga barulah dipasarkan dalam jumlah produksi massalsehingga bisa menekan harga semurah mungkin dapat terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Baterainya yang kecil untuk sistem MPPS tersebut sering disebut chisai baketsu denki atau bucket kecil seperti kotak sampah modelnya.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help