Kuil Zengkoji di Nagano Jepang Dicorat-coret, Pelakunya Ternyata Seorang Wanita Pengangguran

Seorang wanita akhirnya tertangkap polisi karena melakukan corat-coret grafiti bertuliskan X pada kayu-kayu kuil keramat Jepang Zenkoji di Nagano.

Kuil Zengkoji di Nagano Jepang Dicorat-coret, Pelakunya Ternyata Seorang Wanita Pengangguran
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kuil Zenkoji dan bukti grafiti X (coretan) pada kayu-kayu kuil tersebut. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Seorang wanita pengangguran usia 47 tahun akhirnya tertangkap polisi karena melakukan corat-coret grafiti bertuliskan X pada kayu-kayu kuil keramat Jepang Zenkoji di Nagano Jepang.

"Lebih dari 11 lokasi di sekitar dan di Kuil Zenkoji dicorat-coret dengan tanda X dan akhirnya setelah diusut melalui CCTV ketahuan dan hari Kamis (12/10/2017) ditangkap pihak kepolisian," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (12/10/2017).

Perusakan kuil dilakukan tanggal 8 Oktober lalu dan setelah diamati, diselidiki dan melihat CCTV yang ada di berbagai tempat, akhirnya polisi mengetahui pelakunya.

Pengurus Zenkoji sebelumnya konsultasi dengan pihak Dirjen Kebudayaan Jepang dan akhirnya meminta polisi membantu mencari pelakunya.

Baca: Seorang Wanita Bersama Dua Pria Kepergok Polisi di dalam Satu Kamar Hotel

Kepala Zenkoji, Takashi Shozaki bertemu dengan pihak Ditjen kebudayaan untuk konsultasi perawatan dan perbaikan kuil tersebut.

"Kami ingin mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada polisi yang telah merespons dengan cepat kasus ini serta kerja sama masyarakat dalam menyelesaikan kasus ini. Berharap hal serupa tak terjadi di mana pun di Jepang," kata Presiden pengelola kuil, Wakao Terao.

Grafiti di beberapa tempat telah dibersihkan kecuali pada kayu.

Baca: Foto-foto Mewahnya Rumah Terpidana Djoko Susilo yang Bakal Diserahkan ke Pemkot Solo 17 Oktober

Perlu izin dari Dirjen Kebudayaan untuk memperbaiki hal-hal tersebut termasuk juga yang ada di ruangan utama kuil karena kuil ini sangat berharga sebagai warisan budaya nasional.

"Kerusakan bahkan juga dilakukan pada pusat kuil dan pintu masuk kuil dari arah pegunungan. Mudah-mudahan perbaikan dapat dilakukan dalam waktu dekat ini setelah dapat izin dari pemerintah," tambahnya.

Mulai kini pengawasan dan sekuriti akan semakin ditingkatkan di sekitar Zenkoji agar hal serupa tak terulang lagi di masa mendatang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help