London, New York, Tokyo Kota Terbaik Dunia Saat Ini

Tokyo berada di peringkat ketiga yang mengalahkan Paris untuk pertama kalinya. Paris di peringkat ke-4 kali ini.

London, New York, Tokyo Kota Terbaik Dunia Saat Ini
Richard Susilo
Prof Hiroo Ichikawa dari Universitas Meiji mengumumkan peringkat kota terbaik dunia Kamis ini (12/10/2017) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Institut Penelitian Strategi Urban mengumumkan 44 kota peringkat dunia terbaik sesuai kekuatan komprehensifnya dari berbagai kategori baik ekonomi, pertukaran budaya, tempat tinggal, transportasi dan akses.

"Saat ini Tokyo berada di peringkat ketiga dan London enam kali berturut-turut di peringkat pertama," papar Prof Hiroo Ichikawa (70) dari Universitas Meiji yang juga anggota komisi masa depan perkembangan urban, World Economic Forum hari Kamis ini (12/10/2017).

Tokyo berada di peringkat ketiga yang mengalahkan Paris untuk pertama kalinya. Paris di peringkat ke-4 kali ini.

Selain pertukaran budaya juga pengunjung meningkat dari luar negeri ke Jepang jumlahnya sangat banyak akhir-akhir ini. Demikian pula penerbangan internasional penerbangan langsung dalam pelayanan Jepang saat ini.

Bidang lalu lintas dan akses juga meningkat pesat dan semakin baik semakin nyaman di Jepang sehingga mempersempit perbedaan Tokyo dan New York saat ini.

Menurut Prof Ichikawa yang bertanggung jawab membuat peringkat tersebut dari Graduate School of Public Policy Universitas Meiji, "Berbagai reformasi regulasi dilakukan, jika dipromosikan berbagai kebijakan mengarah kepada Olimpiade 2020, dan artinya Tokyo bisa jadi nomor dua nantinya."

Peringkat kekuatan komprehensif kota dunia ini yang menjadi tahun kesepuluh sekarang.

New York di Amerika Serikat sempat sampai empat kali di peringkat pertama dunia.

Salah satu alasan untuk menjadi posisi ketiga karena bidang pertukaran budaya dengan melihat jumlah orang asing yang berkunjung dari luar negeri jauh meningkat pesat saat ini.

Demikian pula skor fasilitas umum sangat baik dan menarik seperti adanya museum. Demikian pula daya tarik makanan yang lezat di Jepang serta sebagai tempat belanja yang nyaman meningkatkan skor Tokyo ke peringkat lebih tinggi.

"Dengan momentum mendekati tempat kedua, saya juga ingin agar terus Tokyo bisa meningkat menjadi peringkat ke dua nantinya," harap Yuriko Koike Gubernur Tokyo Kamis ini (12/10/2017).

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help