BBC

Negara-negara mana saja yang lolos ke Piala Dunia 2018?

Dua puluh tiga negara telah memastikan diri terjun di turnamen sepak bola akbar Piala Dunia 2018, termasuk tuan rumah Rusia yang secara otomatis

Dua puluh tiga negara telah memastikan diri terjun di turnamen sepak bola akbar Piala Dunia 2018, termasuk tuan rumah Rusia yang secara otomatis lolos ke putaran final.

Dari kawasan Amerika Latin, Argentina maju ke putaran final setelah memenangkan laga tandang di kandang Ekuador 3-1. Tiga gol Argentina dicetak oleh bintang mereka, Lionel Messi.

Agar bisa lolos ke Rusia, Argentina harus memenangkan laga ini dan sempat muncul keraguan menyusul keunggulan tuan rumah di awal pertandingan.

Setelah memastikan diri lolos, pelatih tim nasional Argentina, Jorge Sampaoli, mengakui jasa besar Messi.

"Kami beruntung karena pemain terbaik di dunia berasal dari Argentina. Sudah saya katakan kami tak semestinya tergantung dengan Leo (panggilan Lionel Messi)," kata Sampaoli.

"Tapi ia lagi-lagi menunjukkan kemampuan hebatnya. Saya bilang ke para pemain, tolong bantu dia agar kita lolos ke Piala Dunia," katanya.

Lionel Messi
Getty Images
Tiga gol Messi mengantarkan Argentina ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kemenangan atas Ekuador ini juga memastikan Argentina tampil di putaran final Piala Dunia tanpa jeda dalam 11 penyelenggaraan terakhir.

Argentina dua kali juara, pada 1978 dan 1986, dan menjadi runner up di tiga penyelenggaraan, yaitu 1930, 1990 dan 2014, ketika mereka kalah 1-0 dari Jerman di babak final.

Dari kawasan Amerika Latin, yang juga lolos adalah juara lima kali Brasil, Kolombia, dan Uruguay.

Dari kawasan Eropa, salah satu keberhasilan besar dicatat oleh Islandia, negara kecil yang berpenduduk 334.000 jiwa. Mereka lolos ke putaran final untuk pertama kalinya setelah menang atas Kosovo pada 9 Oktober.

Era emas 'tim kecil' Islandia

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help