Waduh, Ada Guncangan Gempa di Lokasi Uji Coba Nuklir Korea Utara

Guncangan ini merupakan gempa ketiga sejak uji coba nuklir Korea Utara pada 3 September lalu

Waduh, Ada Guncangan Gempa di Lokasi Uji Coba Nuklir Korea Utara
(Channel News Asia/AFP/KCNA via KNS)
Puluhan ribu warga Korea Utara memadati Alun-alun Kim Il Sung, Pyongyang, Rabu (6/9/2017), untuk merayakan suksesnya uji bom hidrogen untuk rudal balistik antarbenuanya (ICBM). 

TRIBUNNEWS.COM, PYONGYANG - Korea Utara diguncang gempa bumi dan longsor. Sejumlah ahli menyatakan uji coba nuklir berulang pada area Punggye-ri menyebabkan kondisi tanah rusak.

Mengutip Reuters, Jumat (13/10/2017), gempa bumi kecil terdektesi pada Jumat pagi, dekat area uji coba nuklir Korea Utara, Punggye-ri. Gempat tersebut tidak terlihat seperti gempa buatan.

Guncangan ini merupakan gempa ketiga sejak uji coba nuklir Korea Utara pada 3 September lalu, yang sempat menyebabkan gempa berkekuatan 6,3 skala ritcher.

Badan Administrasi Meteorogical Korea melaporkan, gempa pada Jumat pagi berkekuatan 2,7 skala ritcher dengan kedalaman 3 kilometer di Provinsi Hamgyong Utara, Korea Utara. Sedangkan, menurut Survei Geological Amerika Serikat (USGS), kekuatan gempa tersebut sebesar 2,9 SR dengan kedalaman 5 km.

Sejumlah ahli menyatakan, uji coba nuklir dan bom hidrogen Kora Utara telah merusak pegunungan terutama pada area utara tempat nuklir tersebut diledakkan.

Baca: Sudah Sembuh dari Sakit, Setya Novanto Langsung Terbang ke Bali

Baca: Malam Ini, General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Resmi Jadi Tahanan KPK

"Gempa kecil baru-baru ini menunjukkan bahwa uji coba tersebut mungkin telah memicu deformasi kerak bumi," kata Hong Tae-kyung profesor ilmu bumi di Universitas Yonsei di Seoul kepada Reuters.

Menurut Hong, alasan Punggye-ri dijadikan lokasi tes karena area tersebut dinilai stabil dan jarang mengalami goncangan di masa lalu.

Ke depan, sejumlah ahli mengatakan, lokasi Punggye-ri kemungkinan besar tidak akan digunakan lagi. Pasalnya, lokasi tersebut berdekatan dengan gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Paektu.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help