Panitia Lakukan Kesalahan Distribusi Surat Suara Pemilu di Dua Kota Jepang

Distribusi surat suara untuk pemilihan umum (pemilu) yang akan dilakukan 22 Oktober mendatang terjadi kesalahan di dua kota di Jepang.

Panitia Lakukan Kesalahan Distribusi Surat Suara Pemilu di Dua Kota Jepang
NHK
Kantor Wali Kota Shimanto Perfektur Kochi Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Distribusi surat suara untuk pemilihan umum (pemilu) yang akan dilakukan 22 Oktober mendatang terjadi kesalahan di dua kota di Jepang yaitu Shimanto Perfektur Kochi dan Kota Manno di Perfektur Kagawa.

"Di Shimanto panitia salah mendistribusikan surat suara ke masyarakat, terjadi pengiriman dobel ke beberapa orang sehingga ada yang sudah memasukkan suaranya ke kotak pemilu," ungkap sumber Tribunnews.com, Minggu (15/10/2017).

Sementara kotak suara sama sekali tak boleh dibuka dengan alasan apa pun, bahkan terkunci dengan sangat rapat dan kunci dipegang pihak otoritas yang lebih tinggi.

"Berarti saat pemilu 22 Oktober nanti kemungkinan besar akan ada suara dobel masuk ke kotak suara tersebut sebanyak maksimal 19 orang yang terkirim dobel," tambahnya.

Surat suara dikirimkan kepada pemilih usia 19 tahun hingga 66 tahun di Jepang.

Baca: Mulai Hari Ini Plh Gubernur Dipegang Sekda DKI Saefullah

Sedangkan pelajar sekolah yang berusia 18 tahun sudah boleh ikut pemilu dikirimkan dan dilakukan lewat sekolah.

Kesalahan juga terjadi karena pengiriman surat suara ke luar wilayah yang bersangkutan terhadap beberapa orang karena sedang menjalankan tugas di tempat lain (di luar negeri).

Namun surat suara yang sama juga dikirimkan ke rumah induknya di dalam Perfektur Kochi, sehingga memungkinkan surat suara dobel masuk ke dalam perhitungan pemilu mendatang.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help