Jalur Bencana Alam Jepang Tatsuta-Tomoika Dibuka Kembali Setelah 6 Tahun 7 Bulan Berhenti

Kereta api pertama yang memasuki stasiun Timioka tiba dan berangkat jam 6 pagi ini

Jalur Bencana Alam Jepang Tatsuta-Tomoika Dibuka Kembali Setelah 6 Tahun 7 Bulan Berhenti
Richard Susilo
Sambutan masyarakat atas dibukanya jalur kereta Tatsuta - Tomioka JR Joban Line pertama kali sejak 6 tahun 7 bulan lalu. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Masyarakat perfektur Fukushima menyambut meriah pembukaan jalur kereta api Tatsuta - Tomioka yang diresmikan hari ini (21/10/2017) setelah 6 tahun 7 bulan lalu berhenti gara-gara bencana alam gempa bumi dan tsunami 11 Maret 2011.

"Dengan dibukanya jalur ini akses ke kota Tomioka mudah-mudahan kembali normal seperti di masa lalu," papar Koichi Miyamoto Walikota Tomioka Sabtu ini (21/10/2017).

Kereta api pertama yang memasuki stasiun Timioka tiba dan berangkat jam 6 pagi ini (21/10/2017) dan masyarakat setempat sudah memenuhi platform kereta dengan spanduk selamat datangnya.

"Saya datang dari Iwaki khusus ke sini untuk melihat perkembangan kota Tomioka setelah gempa bumi 6 tahun lalu bagaimana keadaannya kini ya?" papar seorang lelaki usia 75 tahun, Kunihashi khusus kepada Tribunnews.com pagi tadi.

Tampaknya memang para pengungsi masih tetap berusaha bertahan hidup karena masih belum pulih berbagai tempat di sana akibat bencana alam 6 tahun lalu.

Penduduk kota Toioka saat ini tercatat hanya 304 orang atau 2,2% dari jumlah penduduk yang sebelum terjadi bencana alam.

Kereta api melakukan 11 kali perjalanan bolak-balik antara kedua setasiun tersebut setiap harinya.

Sedangkan antara Tomioka dan stasiun Namie sekitar 20 km masih belum normal transportasinya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help