Catatan Einstein Soal Teori Hidup Bahagia Dilelang, Seperti Ini Isinya

Catatan tersebut ditulis 95 tahun lalu, saat Einstein melakukan perjalanan ke Tokyo, Jepang, untuk menyampaikan serangkaian kuliah umum.

Catatan Einstein Soal Teori Hidup Bahagia Dilelang, Seperti Ini Isinya
Independent/AFP/Getty Images/MENAHEM KAHANA
Dua catatan kecil ilmuwan Albert Einstein 

TRIBUNNEWS.COM, YERUSALEM - Dua catatan kecil ilmuwan Albert Einstein soal teori hidup dan kebahagiaan kabarnya akan dilelang.

Catatan tersebut ditulis 95 tahun lalu, saat Einstein melakukan perjalanan ke Tokyo, Jepang, untuk menyampaikan serangkaian kuliah umum.

Saat itu, Einstein baru saja diberitahu bahwa dirinya memenangkan Penghargaan Nobel dan kabar tersebut membuat kepopulerannya segera melejit.

Baca: Komnas HAM Sebut Tedjo dan Luhut Lebih Baik dari Wiranto

Seorang kurir datang ke kamar tempat Einstein menginap di Imperial Hotel Tokyo untuk menyampaikan sebuah kiriman surat untuknya.

Diduga Einstein tidak punya uang kecil untuk memberikan tip kepada sang kurir, atau memang sang kurir menolak untuk menerima tip.

Namun, sebagai gantinya, Einstein memberikan dua catatan kecil menggunakan lembaran kertas catatan yang disediakan di kamar hotel.

"Hidup tenang dan sederhana dapat memberikan kebahagiaan yang lebih besar, ketimbang sibuk mengejar kesuksesan dan merasa tidak tenteram," tulis Einstein pada satu dari dua lembaran catatan tersebut.

Baca: Apa Pesan Prabowo Subianto kepada Anies Soal Reklamasi?

"Jika ada kemauan, di situ pasti ada jalan," tulis Einstein pada lembaran yang lain.

Dua catatan tersebut kemudian dibubuhkan tanda tangan dan tanggal penulisan oleh Einstein.

"Mungkin jika Anda beruntung, dua catatan ini akan lebih berharga daripada sekadar uang tip," kata Einstein pada kurir tersebut, seperti yang dikatakan oleh pemilik catatan itu.

Si pemilik adalah seorang warga asal Hamburg, Jerman, yang menolak disebutkan namanya, dan memutuskan untuk melelang barang koleksinya itu.

Dua catatan tersebut akan dilelang Rabu (25/10/2017) di rumah lelang Winner's di Yerusalem, bersama barang-barang memorabilia Einstein yang lain. (Independent/News.com.au)

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Ferdinand Waskita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help