BBC

Tercecer di GP Meksiko, tapi Lewis Hamilton jadi juara Formula 1 musim 2017

Walau masih tersisa dua balapan lagi, pembalap asal Inggris, Lewis Hamilton, memastikan gelar juara Formula 1 untuk tahun 2017 setelah menang

Lewis Hamilton, F1
PA
Juara untuk 2017 merupakan yang keempat bagi Lewis Hamilton.

Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton keluar sebagai juara dunia Formula 1 untuk musim balap 2017 walau finish pada posisi sembilan di Grand Prix Meksiko, Minggu (29/10).

Walau masih ada dua balapan lainnya, di Brasil dan Abu Dhabi, pembalap asal Inggris itu sudah tidak bisa terkejar lagi oleh saingan terdekatnya, Sebastian Vettel, yang finish di Meksiko di tempat keempat.

Agar peluangnya tetap terbuka, walau tipis, dalam dua balapan yang tersisa, Vettel sedikitnya harus menjadi juara kedua di GP Meksiko ini.

Adapun yang merebut juara di GP Meksiko adalah Max Verstappen dari Tim Red Bull.

Ini merupakan keberhasilan keempat bagi Hamilton untuk menjadi juara dunia, setelah sebelumnya merebut gelar pada tahun 2008, 2014, dan 2015.

Pada musim pertamanya, 2017, Lewis Hamilton gagal jadi juara hanya dengan selisih satu angka dari pembalap Ferari, Kimi Raikonnen, di balapan terakhir di Brasil. Namun pada 2008 Hamilton jadi juara untuk pertama kalinya dengan hanya keunggulan satu angka dari pembalap Ferari, Felipe Massa, juga di GP Brasil.

Usai memastikan gelar juara F1 untuk musim balap 2017, Hamilton "Viva Meksiko. Wow."

"Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk setiap orang yang datang. Para penggemar Meksiko adalah yang terbaik di seluruh dunia dan kalian yang menciptakan suasana ini," tambahnya.

Lewis Hamilton
Reuters
Walau finish di peringkat sembilan di GP Meksiko, posisi Hamilton sudah tidak tergoyahkan lagi.

Vettel dan Hamilton sempat bertabrakan pada lap pertama, mengakibatkan ban Hamilton bocor dan bagian sayap Vettel rusak. Keduanya jadi tercecer di belakang, sebelum kembali bisa menyusul ke barisan depan.

Mantan juara F1, Niki Lauda -yang kini menjabat Direktur noneksekutif Mercedes- ketika ditanya tentang tabrakan itu menjawab, "Saya tidak tahu kenapa Sebastian menyetir amat agresif untuk merusak balakan dan Lewis. Lewis di depannya dan dia (Vettel) menabraknya di bagian sayap depan. Saya tidak bisa memahaminya."

Dengan meraih empat juara F1, Hamilton yang berusia 32 tahun sudah memecahkan rekor pembalap Inggris yang sebelumnya dipegang Sir Jackie Stewart dengan tiga juara F1.

Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help