BBC

Rahasia di balik prestasi fenomenal Kevin/Marcus sabet lima gelar Superseries 2017

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tujuh kali masuk final Superseries 2017, lima di antaranya berhasil menjadi juara. Apa kuncinya?

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon, tak terhadang dan menyabet gelar juara Superseries yang kelima tahun ini.

Gelar kelima diraih dengan menjuarai turnamen Cina Terbuka, hari Minggu (19/11), setelah di babak final menundukkan pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dua set langsung, 21-19 dan 21-11.

Sebelum juara di Cina Terbuka, Kevin/Marcus berjaya di ajang All England, India Terbuka, Malaysia Terbuka, dan Jepang Terbuka. Koleksi keduanya bertambah seandainya menang di Korea Terbuka dan Denmark Terbuka. Di dua turnamen ini keduanya masuk final.

"Kami tak menyangka bisa sering masuk final Superseries ... kami sangat senang tentunya. Kami selalu mencoba yang terbaik di setiap turnamen," kata Kevin, usai juara di Cina Terbuka, seperti dikutip situs bwfworldsuperseries.com.

Kevin/Marcus sejatinya baru sekitar tiga tahun berpasangan. Namun dalam kurun yang relatif singkat, keduanya mencatat prestasi fenomenal, sesuatu yang mengejutkan pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi.

Dalam pandangan Herry, Kevin/Marcus bisa memaksimalkan potensi dan keunggulan.

"Tipe mereka adalah bermain attack , menyerang. Saat Kevin di depan, ia tampil menyerang dengan kecepatan tinggi, sementara di belakang Marcus bagus di pertahanan," jelas Herry.

Paduan speed (kecepatan) dan defence (pertahanan) yang tangguh ini sangat efektif meraih poin. Lawan akan dibuat repot dan jika tidak dalam kondisi puncak, lawan akan kedodoran, gugup, dan sering membuat kesalahan sendiri.

Kevin/Marcus
EPA
Kevin/Marcus dinilai sebagai paduan yang ideal. Kevin bermain cepat di depan, Marcus tangguh di urusan pertahanan.

Selain itu, Kevin/Marcus juga pintar membaca permainan dan tak gampang menyerah.

"Tenang, sabar, dan tak terburu-buru. Itu kunci kemenangan mereka," ungkap Herry.

Coba terus, coba terus

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help