Warga Jepang Bersih-bersih Kali Ciliwung, Gantian Kini Sungai Tamagawa

Setelah membersihkan kali Ciliwung tersebut, kedua pihak warga Jepang sepakat membersihkan Sungai Tamagawa di Jepang

Warga Jepang Bersih-bersih Kali Ciliwung, Gantian Kini Sungai Tamagawa
Kanagawa Shimbun
Pekerja sukarela Jepang sedang bersih-bersih sungai Tamagawa Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Para pekerja sukarela Jepang bulan Juli 2017 sempat bersih-bersih, mengumpulkan sampah yang bertebaran di kali Ciliwung Jakarta sampai bersih.

"Prosesnya sejak tahun 2015 setelah kami ke Jakarta lalu kembali lagi semakin serius tahun 2016 dan tahun ini bulan Juli lalu barulah kita bergerak membersihkan kali Ciliwung setelah berkoordinasi dengan Mr. Hashida warga Jepang yang ada di Jakarta dari klub bersih-bersih Ciliwung," papar Yutaka Igarashi (69) Wakil Ketua Yayasan Tamagawa Eco Museum khusus kepada Tribunnews.com Selasa ini (21/11/2017).

Rencana pembersihan kali Ciliwung menurutnya, juga telah meng email ke pihak kedutaan besar Indonesia di Tokyo tetapi tidak ada jawaban sama sekali hingga kini.

Setelah membersihkan kali Ciliwung tersebut, kedua pihak warga Jepang sepakat membersihkan Sungai Tamagawa di Jepang dan dilakukan tanggal 11 November lalu bersama dan mengikutsertakan dua warga Indonesia yang tinggal di Jepang, sukarela membersihkan daerah sekitar Sungai Tamagawa tersebut.

"Rencana tahun depan kita akan ke Jakarta lagi melihat apakah kali Ciliwung sudah bersih atau kembali kotor dan akan membersihkan lagi kalau kembali kotor. Belum pasti tanggalnya kapan ke Jakarta. Tapi rencana itu ada," tekan Igarashi lebih lanjut.

Dengan kerjasama ini diharapkan pertukaran kebudayaan dan hubungan kedua bangsa diharapkan dapat semakin baik dan dekat secara nyata melalui program sosial sukarela tersebut, lanjutnya.

Sebanyak 26 kelompok relawan ikut bersih-bersih kali Ciliwung dan tahun depan berharap bisa terlaksana lagi.

"Sungai Tama juga mengalirkan air limbah domestik dan menutupi sungai dengan gelembung deterjen, tapi sekarang sudah kembali bersih dan baik. Terlihat dengan ikan Ayu sudah berenang lagi dalam jumlah banyak di sungai tersebut."

Kebangkitan kota yang sama jika warga secara aktif mempromosikan kegiatan membersihkan lingkungannya, pemerintah akan bergerak, fasilitas pengolahan limbah akan diperbaiki dan sungai akan bersih, maka kehidupan akan semakin baik bagi kepentingan kita bersama, tambahnya lagi.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help