Lokasi Penampungan Antisipasi Tsunami Tertinggi di Jepang Diresmikan Kamis Ini

Senang sekali bisa mendapatkan tempat perlindungan seperti ini yang pasti akan membantu banyak orang

Lokasi Penampungan Antisipasi Tsunami Tertinggi di Jepang Diresmikan Kamis Ini
Richard Susilo
Gubernur perfektur Wakayama (tengah) Yoshinobu Nisaka meresmikan tempat pengungsian korban apabila tertjadi tsunami di kota Mihama perfektur Wakayama 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menghadapi tsunami yang diperkirakan akan muncul di perfektur Wakayama di masa depan, kota Mihama perfektur Wakayama membuat tempat pengungsian yang bisa menampung 2000 orang dan diresmikan hari ini (23/11/2017).

"Senang sekali bisa mendapatkan tempat perlindungan seperti ini yang pasti akan membantu banyak orang nantinya apabila terjadi bencana tsunami di sini," papar Shigeru Muraoka, seorang pekerja sukarela dari asosiasi antisipasi bencana alam di Wakayama.

Infrastruktur yang sangat tinggi itu, 15,5 meter ketinggian dari permukaan laut akan dapat menampung 2000 orang apabila terjadi pengungsian akibat tsunami di sana akibat gempa bumi di daerah plat Nankai tersebut.

Fasilitas itu untuk masyarakat kota Mihama dan Matsubara dibangun dengan biaya sekitar 247 juta yen dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti kamar kecil kamar mandi, gudang makanan, tempat tidur dan sebagainya.

Upacara pembukaan hari Kamis ini dihadiri sekitar 50 orang dan diresmikan oleh Gubernur Wakayama Yoshinobu Nisaka, "Syukurlah akhirnya tempat pengungsian ini selesai dikerjakan dan semoga bermanfaat bagi masyarakat sekitar sini," paparnya.

Apabila air pasang dan tsunami selama ini terjadi di sana dalam pengalaman bisa mencapai 11 meter ketinggian.

Sebagai catatan tsunami sangat besar terjadi di daerah Tohoku tanggal 11 Maret 2011 setinggi kira-kira 15 meter saat itu karena luapan air laut akibat tsunami sampai mencapai lantai 6 dan menggenangi lantai 7 sebuah gedung sekolah di sana.

Bangunan infrastruktur tempat pengungsian setinggi 15,5 meter itu dengan luas lantai 2400 meter persegi.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help